Connect with us

Situbondo

Proses Evakuasi Ikan Paus di Pelabuhan Jangkar Masih Kesulitan

Diterbitkan

||

Ikan Paus terdampar 100 meter dari pantai jadi tontonan warga sekitar.(im)

Memontum Situbondo—Menurut nelayan Pantai Jangkar, Situbondo Jawa Timur, jenis Paus yang terdampar sejenis paus bungkuk. Kondisinya makin mengenaskan, ikan paus masih hidup namun tidak bisa bergeser ke laut lepas. Diduga tertambat di dasar pasir laut dengan kedalaman 3 meter.

Pantauan Memontum.com. Proses evakuasi melibatkan nelayan, BPBD dan Satpolair Situbondo Polres Situbondo masih belum berhasil dilakukan. Sementara nelayan setempat menjaga agar ikan paus bertahan hidup.

Seperti diberitakan, jarak paus terdampar dari laut saat ini kurang lebih 100 meter. Banyak warga berbondong-bondong melihat dari dekat dengan naik perahu nelayan. Sejumlah nelayan dan warga pun mencoba mengarahkan paus agar lebih ke tengah laut, namun ternyata tidak mampu. kondisi paus miring dengan badan tenggelam di dasar pasir laut.

Pantai jangkar menurut nelayan setempat memang biasanya menjadi jalur peredaran kawanan ikan hiu dan paus raksasa semacam ini. namun, mereka baru kali ini menemukan adanya jenis paus bungkuk.

Sebelumnya mereka sering menemukan paus tutul melintas di perairan jangkar menuju utara Probolinggo. paus ini terdampar sejak, Jumat (2/3/2018) pagi dini hari, diketahui sejak nelayan hendak berangkat melaut.

Komunitas nelayan, tergabung dalam POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Kabupaten Situbondo yang baru tiba dilokasi langsung turun membantu mengevakuasi. Ketua POSSI Situbondo, Roy Hidayat memastikan jenis ikan paus yang terdampar bernama paus Sperm Whale.

“Itu jenis langka. Kami dari POSSI berusaha membantu,” ungkapnya.(im/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending