Connect with us

Situbondo

Evakuasi Ikan Paus di Situbondo, 3 Jam Berhasil ke Tengah Laut

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo—Ikan paus raksasa yang berukuran sepanjang 25 meter yang terdampar di perairan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akhirnya leluasa berenang di selat Madura. Evakuasi terhadap binatang laut jinak tersebut memakan waktu 3 jam. Upaya evakuasi dengan cara menghalau hewan mamalia itu berlangsung dari pukul 22.00 wib Jumat (2/3/2018) hingga 01.00 wib, Sabtu (3/3/2018).

Menurut Armand (45), Ketua tim Jasalindo sport, sebuah komunitas olahraga laut menjelaskan metode penyelamatan paus tersebut usai evakuasi kepada Memontum.com.

Kasat Polair Polres Situbondo AKP Lukman Hadi,SH bersama tim gabungan saat mengevakuasi ikan paus raksasa ke tengah laut. (im)

Kasat Polair Polres Situbondo AKP Lukman Hadi,SH bersama tim gabungan saat mengevakuasi ikan paus raksasa ke tengah laut. (im)

“Mamalia ini, maunya cenderung bergerak ke darat. Jadi, cara kita berupa mengusir dari depan. Kita kasik berisik dia. Awal kita tarik, sampe beberapa mil. Ekornya yang menghadap ke laut, kita putar. Kita kasik berisik dengan jet ski. Terus kita mutar-mutar di depannya, ” katanya.

Disebutkan Armand, dengan dibarengi 2 jet ski lainnya serta 5 perahu nelayan tradisional, strategi tersebut cukup efektif. Berikutnya ia meminta nelayan di perahu untuk membuat manuver di posisi arah sebelum pantai atau di sebelah selatan ikan tersebut.

” Ini efektif membuat si ikan bergerak menjauhi kebisingan itu hingga ia bergerak ke arah laut yang lebih dalam,” tambahnya.

Sementara itu, aktivis lingkungan hidup dari Indonesia Green, Agung Hariyanto yang juga ikut serta dalam perahu menyebutkan jika paus dalam keadaan sakit perilakunya memang demikian.

“Biasanya, paus yang cedera atau sakit cenderung mencari tempat istirahat. Binatang itu butuh untuk menenangkan diri. Bersyukur sudah dapat diatasi. Mari kita jaga biota laut kita yang semakin langka ini,” ucapnya.

Kasat Polair Polres Situbondo AKP Lukman Hadi,SH saat dikonfirmasi Memontum.com. mengatakan, evakuasi ikan paus raksasa jenis sperma yang terdampar di perairan Jangkar tim gabungan dari berbagai elemen.

Seperti dari sejumlah Media Cetak dan Media Online serta TV. Sejumlah pihak terkait seperti dari Tim Satpolair Polres Situbondo, Pos TNI AL, balai pengelola sumber daya pesisir dan laut (BPSPL), P2DKP Kopen hagen, persatuan olahraga selam seluruh Indonesia (POSSI) Cabang Situbondo, Puskeswan Jangkar, balai konservasi sumber daya alam (BKSDA), Polhut serta Polsek Jangkar dan Koramil setempat berada dalam 5 perahu penghalau,kata AKP Lukman Hadi.

“Alhamdulillah evakuasi dilakukan secara bersama-sama dan kompak mulai Pukul 20.00 Wib hingga sampai dengan Pukul 01.20 Wib. Tim gabungan berhasil mengembalikan ikan paus raksasa ke laut lepas wilayah perairan selat Madura,” tegas AKP Lukman.

Ditambahkan Kasat Polair, proses evakuasi ikan Paus tersebut menggunakan jaring ditarik dengan memakai perahu jenis gardan yang juga menunggu air laut pasang, sehingga ikan paus itu sedikit bisa terapung serta mudah untuk ditarik ke tengah laut yang airnya lebih dalam dan sekitar 4 mil dari pantai Jangkar Situbondo,ungkapnya.(im/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending