Connect with us

Kabupaten Malang

Karangploso Genjot Desa Wisata, Agar Perekonomian Masyarakat Pedesaan Terangkat

Diterbitkan

||

DyahEkawati N SH.Msi Camat Karangploso(Sur)

Memontum Malang— Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang untuk mengangkat perekonomian, khususnya warga pedesaan yang kurang mampu, yakni  mengembangkan desa wisata  yang berbasis pada keunikan  dan sektor unggulan lokal, mulai dari pertanian, peternakan, jasa dan lain-lain. Hal itu dilakukan melalui pendekatan partisipatif.

Camat Karangploso, Dyah Ekawati Nicotiana W.SH.Msi mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki sejumlah wisata, seperti wisata petik sayur organik di Desa Tawangargo,wisata religi di Desa Gunung Mujur dan wisata petik jeruk di Desa Donowarih.

“Wisata ini tak sekedar dikunjungi, tetapi juga siap disinggahi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara”,ujar Dyah Ekawati N Rabu (28/2/2018) kemarin.

Dikatakan, ketiga wisata ini kendati terbilang masih baru, namun sudah banyak dikunjungi wisatawan. Terlepas dari ketiga desa itu, ada juga wisata sahabat alam tepatnya di Desa Tawang Argo dan beberapa desa lain yang kini masih dalam proses.

“Kami berharap ke 9 desa wilayah Kecamatan Karangploso,seluruhnya menjadi desa wisata. Karena wilayah ini memang memiliki potensi internal dan eksternal pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata”, terang mantan camat Gedangan ini dengan nada semangat.

Dengan dikembangkannya desa wisata ini, Dyah yakin perekonomian masyarakat sekitar segera terangkat. Artinya, bisa menambah penghasilan ibu-ibu PKK, organisasi wanita, terutama mereka yang kurang mampu bisa meningkatkan perekonomian dengan menjual hasil kerajinanDi rest area wisata yang sudah banyak dikunjungi wisatawan.  Dengan menggunakan strategi klaster pengembangan desa wisata, lembaga desa wisata berperspektif go green yang unik, khas dan sehat yang  sebagai  upaya  untuk  merumuskan rencana  strategis  pengembangan  desa  wisata di  Kecamatan  Karangploso.

Seperti halnya wisata religi di Desa Gunung Mujur. Terkenal di kalangan para pencinta aktivitas adventure ini ternyata memiliki banyak mitos yang belum banyak orang tahu. Salah satu bukit yang menarik, Gunung Mujur dengan tinggi kurang lebih 655 meter. Sejatinya adalah sebuah perbukitan di lereng gunung Arjuna. Secara geografis gunung ini terletak di Desa Donowarih dan Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sekitar 10 km dari Kota Batu. Ada beberapa cara untuk sampai di area wisata Gunung Mujur, pertama kita bisa trekking jalan kaki melewati jalan setapak, kedua kita bisa menggunakan motor trail atau sepeda gunung bahkan menggunakan jeep.Di alam sekitar kita, tak lepas dari sebuah kata “mitos”, yang katanya ini dan itu. Termasuk beberapa dari Gunung Mujur. (sur/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending