Connect with us

Mojokerto

Bersama PPL, Babinsa Lakukan Pendampingan Pengubinan Poktan Sido Makmur Dlanggu

Diterbitkan

||

Babinsa Desa Segunung bersama kordinator penyuluh pertanian lakukan pengubinan

Memontum Mojokerto.- Aktivitas pendampingan bagi petani masih terus dilakukan oleh Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto. Kali ini pendampingan dilakukan berkaitan dengan pengubinan tanaman padi  di areal persawahan milik Riyanto Poktan Sido Makmur 1 Dusun Segunung, Desa Segunung, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Senin (19/02/2018).

Tampak Babinsa Desa Segunung Serma Asmandono, dibantu Serka Jainudin dan Koptu Hiya Aksan bersama Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Dlanggu Supramonorini, SP., dan 7 orang PPL melaksanakan pengubinan padi siap panen di lahan seluas 0,5 hektar.

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Dlanggu Supramonorini, SP yang didampingi Babinsa dan anggota PPL setempat mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian.

“Teknik ini umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan lahan satu hektare. Fungsi kegiatan pengubinan adalah para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi dalam tiap masa panen,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, pengubinan panen padi kali ini dengan varietas Ciherang pada luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter didapat hasil 4 Kg. Dalam 1 hektar diprediksikan mencapai 6,4 ton, dengan harga GKG Rp 5 000/Kg dan harga GKP Rp 6000/Kg.

Tampak hadir, PPL dari BPP Dlanggu, antara lain Anik Sulistyas, Abdul Mujib Efendi, Yudi Setiawan, Aris Rahman, Nur Fadli, Didik Aprillah dan Dwi Novendi serta Ka Poktan Sido Makmur I, Kartono. (gan/ono)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending