Connect with us

Sidoarjo

Zero Waste Academy Ubah Wajah Dusun Rame Lor Pilang

Diterbitkan

||

PLH Kades Pilang, Rizal Kurniawan( kiri ) bersama kader lingkungan berdialog dengan anggota tim penilai. (par)

Memontum Sidoarjo — Dusun Rame Lor RT 25/RW 12 Desa Pilang Kecamatan Wonoayu akhirnya maju dalam lomba Zero Waste Academy . Majunya Dusun Rame, mewakili Desa Pilang , karena dinilai yang terbaik dalam lomba SBH sebelumnya.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo Heksa Widagdo yang hadir dalam penilaian menyatakan 3 hal yang penting dalam memelihara ligkungan adalah tercukupinya udara bersih, Pengolahan sampah yang baik dan ketersediaannya sumber air yang mencukupi .

Untuk itu Heksa mewanti wanti kepada warga Dusun Rame Lor RT 25 RW 12 Desa Pilang Kecamatan Wonoayu saat penilaian Zero Waste Academy, agar sayang lingkungan , ” sumber air bersih di tanah yang kita minum bisa habis, sehingga kita bisa menjaga dengan membuat resapan air hujan dengan biopori,” terangnya.

Sementara PLH Kades Pilang Rizal Kurniawan mengapresiasi peran serta warganya yang begitu antusias dalam mengelola lingkungan menjadi hijau dam bersih.” Saya bangga pada semua warga yang berpartisipasi lebih- lebih perubahan pola pikir yang positif akan pengelolahan lingkungan utamanya sampah, sehingga lingkungan RT 25 benar-benar berubah menjadi asri,” ungkapnya.

Perubahan wajah kampung Rame Lor nampak sangat drastis sehingga Camat Wonoayu, Prati , memberikan pujiannya . Menurutnya perubahan bagus ini tidak cukup saat penilaian. “ Kampung yang dulu tidak dikenal, kini bersih dan terkenal. Ini harus dipertahankan,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Wajah cerah kampung juga menyentuh warganya . Seperti yang dlakukan Yuli. Sambil menggendong putrinya, ibu muda ini menyatakan jika manfaat kegiatan ini para ibu bisa mengelola sampah. Ada yang dibuat kompos atau dipilah disetorkan ke bank sampah sehingga menambah tabungan. Warga Rame yang mayoritas petani sayur, menjadikan kompos bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. (par/yan)

Trending