Connect with us

Mojokerto

Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Mlaten & Babinsa Kenanten Lakukan Pendampingan Pertanian

Diterbitkan

||

Babinsa Kenanten lakukan pedampingan sukseskan prigram swasembada pangan

Memontum Mojokerto – Guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan, Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto semakin mengintensifkan kegiatan pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Kali ini dilakukan Babinsa Mlaten Koramil 0815/04 Puri Sertu Pahri yang melakukan pendampingan pemupukan dan penyiangan tanaman padi di lahan seluas 2 Ha milik H. Suraji, Poktan Sido Makmur III yang diketuai Ibu Nurul Ulfa, Dusun Bedok Desa Mlaten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.

Secara bersamaan, Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Serda Akhmad Subandi, juga melakukan pendampingan pemupukan padi di lahan seluas 2,5 Ha milik H. Khambali, Poktan Tani Rahayu IV yang diketuai Basori, Dusun Karangwungu, Desa Kenanten.

Menurut Dandim, diterjunkannya para  Babinsa ke sawah guna membantu petani dalam perawatan/ pemeliharaan tanaman padi.  “Perawatan tanaman padi ini sangat penting dilakukan diantaranya melalui pemupukan yang terukur dan seimbang sehingga tanaman padi dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik,” katanya.

Disampaikannya,  tidak cukup pemupukan saja, dalam proses perawatan dan pemeliharaan juga harus dilakukan penyiangan (membersihkan tanaman padi dari rumput atau gulma). “Tujuan agar perkembangan rumpun tanaman padi tidak terhalang  sehingga dapat berkembangbiak sempurna, dan diharapkan saat panen tiba hasilnya memuaskan dan menguntungkan para petani,” terang Danramil.

“Ini salah satu upaya khusus (Upsus) dalam pendampingan ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintah,” tandas Danramil. (gan/ono)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending