Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Pasca Banjir Bandang, Warga Bangun Jembatan Darurat.

  • Rabu, 17 Januari 2018 | 06:24
  • / 29 Rabiul Akhir 1439
Pasca Banjir Bandang, Warga Bangun Jembatan Darurat.
Warga deda Sumber argo bersama para muspika kecamatan serta anggota TNI - Polri membuat jembatan darurat. (Yud)

Momentum Situbondo Sejumlah infrastruktur rusak akibat dampak bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Situbondo, termasuk di beberapa desa di Kecamatan Sumbermalang pada Minggu (7/1/2018) lalu, kini diperbaiki.

Camat Sumbermalang, Sopan Efendi mengatakan, Pemkab Situbondo bersama TNI, Polri, elemen masyarakat dengan dibantu sejumlah organisasi masyarakat, diantaranya LPM Merak Situbondo, dan Komunitas Mobil Jip, Universitas Abdurachman Saleh yang telah melakukan penanganan dan membantu atas dampak bencana di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Sumbermalang.

“Infrastruktur yang telah diperbaiki ini, diantaranya pembuatan jembatan darurat di Dusun Glindung, Desa Kalirejo, pembuatan tangkis bronjong kawat di aliran dan perbaikan bronkep berikut pipa saluran air bersih di Desa Baderan, dan perbaikan sejumlah rumah yang terkena material lonsor di Desa Alas Tengah,” tuturnya, Selasa (16/1/2018).

Lebih jauh Sopan menjelaskan, secara teknis penanganan dampak bencana di Kecamatan Sumbermalang, rencananya akan dituntaskan secepatnya. “Finishingnya dijadwalkan hari Selasa besok, dan pemulihan paaca bencana diharapkan sesuai waktu yang telah terjadwal,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Sumber Argo, Jalis menuturkan, perbaikan bronkep dan pipa saluran air bersih yang sebelumnya rusak akibat tertimbun material longsor dan hanyut terbawa arus banjir, kini telah dilakukan perbaikan.

“Pemanfaat air bersih ini, adalah warga Desa Sumber Argo, Baderan, Tlogosari dan Tamansari. Kami sangat berterima kasih atas bantuannya Pemkab Situbondo, Polres Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, BPBD dan Dinas Sosial Situbondo, Komunitas mobil Jip, dan pihak lainnya yang telah membantu dalam penanganan bencana di daerah sini,” tutur Kades Sumber Argo.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Baderan Rosida. “Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak Universitas Abdurachman Saleh yang telah memberikan bantuan sejumlah paket sembako dan busana layak pakai untuk para korban yang terkena dampak bencana,” pungkasnya.(Yud/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional