pariwisata kabupaten jember

Pagerngumbuk Bakal jadi Kampung Bersih Bebas Banjir

  Dibaca : 102 kali
Pagerngumbuk Bakal jadi Kampung Bersih Bebas  Banjir
Pelaksanaan pembangunan drainase untuk memperlancar arus air hujan di RW 1 Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu. (par)

Memontum Sidoarjo — Pengalaman pribadi Kasioano, Ketua RW I, Desa Pagerngumbuk kebanjiran saat mempunyai hajatan, menjadi pemikiran untuk segera mengusulkan pembangunan saluran drainase di depan kampung. Dengan usulan itu pemerintah desa Pagerngumbuk akhirnya merealisasikan pembangunannya lewat Anggaran Dana Desa. Alokasinya membangun saluran sepanjang kurang lebih 450 meter melintas di depan pekarangan warga RT 1 ,2 ,dan 3 RW I.

” Ini yang kami usulkan , karena yang menjadi langganan banjir adalah RT 2 dan 3 sementara RT 1 posisinya lebih tinggi. Untungnya usulan itu menjadi priorotas desa. Dan dengan dibangunya saluran itu sehabis hujan tidak akan ada lagi genangan air terutama dipekarangan warga ,” jelas Kasiono.

Pengerjaan kegiatan tersebut diserahkan kepada lingkungan dengan koordinator ketua RW, sehingga semua dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. “Kebetulan saya sendiri yang diberi tugas oleh Kades untuk mengurusi proyek ini, jadi betul betul terjaga, saluran sepanjang 50 meter kami tutup dengan beton cor sementara kelanjutannya menyusul,” terangnya

Tak cukup menjaga kualitas , ketua RW juga melarang warga membuang limbah rumah tangga ke saluran. “Kemarin ada yang saya tutup saluran dari rumah tangga, kalau dibuang kesini menjadikan lingkungan kotor, ini hanya untuk pembuangan air hujan ,” tegasnya.

Sementara itu Kepala desa Pagerngumbuk, Khoirul Anam menyatakan merealisasikan pembangunan dengan skala prioritas usulan dan kebutuhan bagi warga ,” Beberapa lokasi juga perlu saluran drainase dan saat ini di tiga RT tersebut kita dahulukan, yang lainnya menyusul dengan anggaran yang tersedia, ” katanya. (par/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional