Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Beras Naik Signifikan, Pedagang Pasar Baru Kencong Berkeluh Kesah

  • Selasa, 9 Januari 2018 | 11:08
  • / 21 Rabiul Akhir 1439
Beras Naik Signifikan, Pedagang Pasar Baru Kencong Berkeluh Kesah
Toko Kelontong Ida Sinta di Area Pasar Baru Kencong.

Memontum JemberPedagang lagi-lagi dibuat bingung dengan kenaikan kebutuhan pokok seperti beras dan bahan pokok lain seperti kentang, lombok, wortel maupun cabe besar. Kenaikan signifikan yang terjadi sekitar 3 hari lalu di pasar tradisional kecamatan Kencong.

Pemilik kelontong Ida Sinta yang berada di Area Pasar Baru Kencong mengungkapkan keprihatinan perihal kenaikan bahan pokok yang cenderung naik padahal panen baru saja terjadi di tingkat petani. Seperti contoh beras merk Ladang Padi yang biasanya harga per sak isi 25 kilo dengan harga 275 ribu sekarang tembus hingga 285 ribu per sak.

“Sedang perkilo seperti kami pengecer tembus dengan harga 12 ribu perkilo,” keluhnya.

Hal lain juga disampaikan Ibu Ida, yaitu harga kentang per kilo biasanya 10.500 sekarang tembus 13.750 ribu rupiah, dan tak hanya itu saja cabe besar harga 35 ribu rupiah yang biasanya cuma 23 ribu perkilo dan serupa juga terjadi pada Wortel 13 ribu perkilo biasanya cuma 8 ribu.

“Ini sangat dikeluhkan oleh pembeli seperti pembuat roti yang memakai bahan kentang dan wortel maupun pedagang bakso yang membutuhkan cabe maupun ibu rumah tangga,” ucapnya.

Dia berharap peran serta pemerintah cepat tanggap akan hal ini. “Kami pedagang juga resah jika nanti kenaikan bahan lain menyusul,” pungkasnya.

Terpantau di beberapa toko kelontong lain di area pasar baru, hal serupa juga dirasa. Jika itu terus terjadi, bisa dipastikan akan mempengaruhi tingkat pembeli dan sirkulasi perdagangan di kawasan tersebut. (Lum/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional