Connect with us

Sidoarjo

Menuju Desa Wisata Candinegoro, Kembangkan Potensi Candi Dermo dan Wisata Air

Diterbitkan

||

Untuk melengkapi sarana dan prasarana menjuju desa wisata, pemerintah Desa melaksanakan pavingisasi di area pasar wisata Candinegoro. (par)

Memontum SidoarjoMenggali potensi desa untuk membangkitkan perekonomian warga menjadi pemikiran setiap desa. Terobosan tersebut direalisasikan oleh Pemerintah Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu dengan membangun pasar. Akhirnya lahan seluas 750 M2  di tepi sungai disulap menjadi area perdagangan dengan menggandeng pihak ke 3 ( perusahaan swasta ) yang menanggung pembiayaan pembangunan  dan   pihak  desa yang melaksanakanya. “Pembiayaannya murni dari pihak swasta, sama sekali tidak menggangu anggaran desa, ” jelas Abdul Mujib , Kades Candinegoro.

Desa yang terdapat peninggalan purbakala sebuah candi  tersebut sangat potensial menjadi destinasi wisata, tinggal mengupayakan faktor pendukungnya .”Disaat kunjungan warga ke pasar kami juga memperkenalkan keberadaan Candi Dermo yang layak dikunjungi sebagai sarana rekreasi maupun sarana pendidikan , sehingga Candinegoro akan menjadi desa wisata,” ungkap Kades.

Keberadaan  pasar dan dan sungai yang dilengkapi dengan sepeda air tentu menjadi magnit bagi warga yang melintasdi jalan desa. Uang yang dibelanjakan akan menjadi pemasukan warga dan desa .

“Tempat belanja dan wisata itu akan menjadi  BUMDes yang akan dibentuk oleh Pemerintah desa sehingga desa akan mandiri dalam membangun,” harap Kades yang dua kali menjabat itu. (par/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending