Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

PTSL 60.000 Bidang Pemetaan Bidang Harus Diselesaikan di Tingkat Desa

  • Rabu, 3 Januari 2018 | 17:01
  • / 15 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 14 kali
PTSL 60.000 Bidang Pemetaan Bidang Harus Diselesaikan di Tingkat Desa
Kepala BPN Kabupaten Sidoarjo, Dalu Agung Darmawan. (wan)

Memontum.Sidoarjo Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo, bakal mengandalkan tenaga ekstra Kades, Perangkat dan Ketua RT untuk mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 60.000 bidang tanah Tahun 2018. Rencananya, sikap pro aktif desa itu, bakal menjadi kunci suksesi sertigikasi massal yang diproyeksikan untuk 37 desa yang tersebar di 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo itu.

‘Untuk mengajak orang desa proaktif menyelesaikan bidang tanah masing-masing sesuai peta desa kami berencana menggelar koordinasi di masing-masing kecamatan dengan mengundang Kades, Perangkat dan para Ketua RT di masing-masing desa penerima PTSL,’ terang Kepala BPN Kabupaten Sidoarjo, Dalu Agung Darmawan kepada Memo X, Rabu (3/1/2018).

Lebih jauh Dalu menguraikan pihaknya bakal menggandeng Dinas PMD-P3A-KB Sidoarjo untuk sosialisasi percepatan dan suksesi program nasional itu untuk sosialisasi bersama 37 desa penerima PTSL. Apalagi, kata mantan Kepala BPN Gresik ini, jika sertifikasi itu sukses maka tahun selanjutnya dipastikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo bakal naik. Terutama dari sektor pajak tanah dan bangunan.

‘Sebenarnya program ini, kalau ada kepedulian semua pihak bisa cepat selesai. Seperti peta desa yang sengketa dan belum jelas kepemilikan maupun penguasaannya bakal ditinggal dalam proses sertifikasinya. Kalau sudah selesai (clear) baru berkas dikirim dan diproses di BPN,’ imbuhnya.

Saat ini, untuk suksesi itu lanjut Dalu dirinya dan para stafnya siap bekerja ekstra. Hal itu agar program sukses dan target mensertifikatkan seluruh bidang tanah di Sidoarjo bisa semakin cepat diselesaikan bertahap setiap tahun.

‘Kalau sudah dalam bentuk sertifikat kan makin banyak manfaatnya. Bukan hanya untuk menaikkan pendapatan dati sektor pajak. Bagi pemilik sertifikat juga ada gunanya jika diagunkan untuk mengajukan modal usaha dan lainnya,’ pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo memastikan skema 60.000 bidang sertifikat tanah dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diproyeksikan untuk 37 desa yang tersebar di 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Rata-rata setiap desa bakal mendapatkan jatah 1.500 bidang tanah.

Oleh karenanya, digelar acara Sosialisasi Persiapan PTSL Tahun 2018 yang digelar di ruang Rapat Graha Delta Pemkab Sidoarjo, Rabu (20/12/2017). Acara ini, tidak hanya dihadiri Kepala Desa (Kades) calon penerima PTSL akan tetapi juga dihadiri Kelompok Masyarakat (Pokmas), Bupati, Sekda, Kabag Pemdes, Kabag Hukum serta para Asisten, Camat serta perwakilan dari Polresta dan Kejari Sidoarjo. (wan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional