Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Puluhan Incumbent Maju Lagi, Dominasi Pilkades Serentak 2018

  • Senin, 1 Januari 2018 | 22:28
  • / 13 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 394 kali
Puluhan Incumbent Maju Lagi, Dominasi Pilkades Serentak 2018
REKAPITULASI: Sebanyak 40 incumbent mendominasi Pilkades serentak yang digelar di 70 desa sesuai hasil rekapitulasi pendaftaran terakhir, Senin (1/1/2018)

Memontum Sidoarjo — Sedikitnya 40 incumbent (calon petahana) masih mendominasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal digelar 25 Maret 2018 mendatang. Ini menyusul, para calon incumbent itu masih mendominasi dan mendaftar ulang dalam pesta demokrasi di tingkat desa itu.

Berdasarkan datanya, hingga pendaftaran calon Kades ditutup pada 31 Desember 2017 pukul 17.00 WIB, total ada 40 petahana mendaftar sebagai calon Kades. Mereka bagian dari 201 calon Kades yang mendaftar Pilkades Serentak di 70 desa yang tersebar di 17 Kecamatan.

Kasi Bina Pemerintahan Desa, Dinas PMD-P3A-KB Sidoarjo, M Makhmud mengakui ada 40 petahana maju Pilkades Serentak 2018 itu. Menurutnya, jika melihat data yang mendaftar terakhir, memang petahana masih mendominasi dalam Pikades serentak itu.

“Karena masih ada sekitar 60 persen dibandingkan para calon Kades baru,” terangnya kepada Memo X (Grup Memontum.com), Senin (1/1/2018). Lebih jauh, Makhmud mengungkapkan

banyaknya petahana yang kembali ikut Pilkades ini, salah satunya dipicu karena mereka masih mendapatkan dukungan warga untuk kembali memimpin desa. Selain itu, calon petahana ini juga masih yakin dengan dukungan warganya itu.

“Mereka (para calon petahana) ini secara aturan masih bisa mendaftar lagi, karena masih menjabat satu periode. Hal itu berdasarkan aturannya sah-sah saja,” imbuhnya.

Berdasarkan datanya, lanjut Makhmud para calon petahana yang maju dalam Pilkades itu, terbanyak di Kecamatan Candi, yakni 10 orang. Mereka ikut Pilkades di Zesa Kalipecabean, Sidodadi, Jambangan, Candi, Sepande, Kedungkendo, Wedoroklurak, Durungbeduk, Karangtanjung dan Desa Bligo.

Sedangkan terbanyak kedua, ada di Kecamatan Buduran, yakni hampir di semua Pilkades yaitu terinci di Pilkades Damarsi, Sawohan, Sidomulyo, Wadungasih, Sidokerto, Pagerwojo, Sidokepung, dan Siwalanpanji. Petahana juga maju di Pilkades Jedongcangkring, Kecamatan Prambon, Pilkades Janti, Kecamatan Tarik dan Pilkades Putat, Kecamatan Tanggulangin.

“Dari bakal calon Kades yang telah mendaftar ini, bakal diverifikasi terhadap keabsahan syarat hingga 20 hari ke depan. Misalnya terkait keabsahan syarat ijazah yang dilampirkan dalam pendaftaran dan keabsahan lainnya,” tegasnya.

Tidak hanya itu, selain verifikasi juga bakal dilakukan seleksi oleh tim kabupaten terhadap calon Kades yang jumlahnya lebih dari 5. Hal ini lantaran jumlah terbesarnya ada yang mencapai 5 sampai 7 calon Kades di satu desa.

“Verifikasi ini penting, agar Pilkades berjalan sesuai aturan dan tanpa kendala dikemudian hari paska Pilkades,” pungkasnya. (wan/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional