pariwisata kabupaten jember

Desa Wirotaman Deklarasi Keberagaman, Wabup Malang Berharap Dipertahankan Demi Kerukunan dan Kedamaian

  Dibaca : 4 kali
Desa Wirotaman Deklarasi Keberagaman, Wabup Malang Berharap Dipertahankan Demi Kerukunan dan Kedamaian
Deklarasi Keberagaman: Drs HM Sanusi MM Wabup Malang saat Deklarasi Keberagaman(Sur)

Memontum Malang—- Drs HM Sanusi MM Wakil Bupati Malang menghadiri deklarasi keberagaman di Desa Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang, Kamis (21/12/2017). Kehadiran orang nomor dua di Kabupaten Malang ini juga didampingi Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung SH.SIK.MSi, Dandim 0818 Malang Batu Letkol Fery Mujayid dan jajaran Muspika setempat. Dalam sambutannya Wabup menyampaikan selamat kepada Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading sebagai Desa Keberagaman.

Dia juga mengapresiasi tinggi tentang ide dan konsep hebat Kapolres Malang, hingga lahirnya predikat bagi desa tersebut. Dia juga berharap, masyarakat Desa Wirotaman bisa kompak bersatu mempertahankannya.

Selain itu pihaknya juga memuji meski penduduknya berada dalam keberagaman agama, mereka tetap mampu hidup rukun dan damai. Kondisi ini juga diharapkan sebagai miniatur keberagaman umat beragama dan dicontoh oleh daerah lainnya tidak hanya di Kabupaten Malang.

“Hebat sekali penduduk Desa Wirotaman ini mampu menciptakan suasana damai dan rukun di tengah keberagaman. Mulai dari mereka yang beragama Islam, Kristen dan Hindu Darma hingga lainnya memiliki sifat dan sikap yang saling toleransi serta hidup gotong royong. Semoga dari Desa Wirotaman bisa jiwa dan sikap tinggi toleransi beragama ini bisa menjadi semangat daerah lainnya hingga sifatnya mendunia,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Wabup meminta, Desa Wirotaman harus bisa ikut memacu dan memotivasi daerah lain untuk menjadi Desa Keberagaman juga dengan hidup rukun dan damai. Selain desa ini, ada juga ada desa lainnya di Kabupaten Malang yang punya karakter sama seperti Desa Ngadas, Peniwen dan Sitiarjo,” terangnya.

Deklarasi Keberagaman antara lain : 1.Bertekad bulat dan bersepakat untuk senantiasa saling menjaga dan terus berupaya menguatkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama sebagai perwujudan pengamalan jiwa luhur Pancasila. 2. Memahami bahwa sikap saling menghormati, menjaga dan menghargai antar umat beragama di Desa Wirotaman merupakan budaya luhur yang harus dipertahankan dan dilestarikan. 3. Menyadari kerangka toleransi yang sudah terbangun di desa bersumber dari jiwa saling mengasihi sesama insan, hamba Tuhan dan tidak bertentangan dengan ajaran agama. 4. Mengorbakan semangat kebersamaan di tengah perbedaaan dengan mengedepankan prinsip kemanusian dan persatuan. 5. Bersedia mengembangkan dan mempertahankan hidup kerukunan dalam keberagaman ini sebagai ciri khas Desa Wirotaman.(sur/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional