Kabar Desa

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
space ads post kiri

Lazisnu Memasyarakatkan Gerakan Sedekah Sedino Sewu

  • Senin, 11 Desember 2017 | 16:22
  • / 22 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 8 kali
Lazisnu Memasyarakatkan Gerakan Sedekah Sedino Sewu
kaleng lazisnu

Memontum Gresik Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Nahdlatul Ulama (PC Lazisnu) Gresik, terhitung mulai Sabtu (9/12/2017), kemarin akan memasyaratkan gerakan Sedekah Sedino Sewu untuk seluruh wilayah Kabupaten Gresik.

H Mustofa, Ketua PC Lazisnu Gresik mengatakan sebenarnya gerakan ini sudah dilakukan di Desa Bulangan Kecamatan Dukun. Sedangkan mulai tahun 2018, gerakan ini akan mulai dikembangkan di Kecamatan Duduksampeyan, Memganti, Kebomas dan Kecamatan Ujungpangkah.

“Namun sekarang ini, istilahnya baru kita sahkan, sebagai gerakan sedekah yang akan kita berlakukan di seluruh RT,RW, desa hingga kecamatan se Kabupaten Gresik,” ujar H Mustofa usai acara laucnhing gerakan sadar zakat Lazisnu di Gedung Diklat PT Petrokimia Gresik, Sabtu (9/12).
Kenapa gerakan ini bakal dibumikan di seluruh masyarakat Gresik? Menurut H Mustofa karena di Desa Bulangan gerakan ini sudah terbukti hasilnya.

“Di Desa Bulangan, gerakan ini sudah menghasilkan dana Rp 81 juta hanya dalam tempo 7 bulan. Bayangkan ini cuma satu desa saja, padahal di Kabupaten Gresik terdapat sekitar 365 desa,” ujarnya.

Nantinya, praktek sedekah ini adalah Lazisnu akan membagikan kaleng untuk menyimpan uang dari anggota keluarga tersebut. Setiap seminggu sekali,  pengurus Lazisnu tingkat RT atau desa akan datang mengambil isi kaleng tersebut untuk dikumpulkan di desa.

“Dan jangan kuatir, warga masyarakat akan tahu berapa uang yang sudah terkumpul dalam waktu seminggu. Sebab, berapapun jumlahnya saat itu juga ketua Lazis jumlahnya saat itu juga ketua Lazisnu desa akan mengumumkan ke warga melalui masjid,” tambahnya.

Lalu, dari total sedekah yang sudah terkumpul di setiap desa akan dikembalikan ke desa sebesar 70 persen. Sisanya yang 30 persen dibagi dua antara untuk Lazisnu tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten.

Menurut H Mustofa, sedekah yang dikumpulkan itu, pada intinya akan dikembalikan ke warga dalam bentuk bantuan sosial. Ada empat bidang yang akan dibantu oleh Lazisnu, baik mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Ke empat bidang yang pasti dibantu Lazisnu itu adalah pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan. Permintaan yang diajukan desa, pasti akan dipenuhi kabupaten asalkan sesuai dengan peraturannya,” katanya. (sgg/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional