pariwisata kabupaten jember

Kirab Pemuda Nusantara 2017 Berakhir di Blitar

  Dibaca : 4 kali
Kirab Pemuda Nusantara 2017 Berakhir di Blitar
Penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017 digelar halaman kantor Pemerintah Kabupaten Blitar.

Memontum Blitar– Penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017 digelar  halaman kantor Pemerintah Kabupaten Blitar, Kamis (7/12/2017). Penutupan tersebut dihadiri sejumlah menteri, diantaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani,  Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mahfud Arifin.

 

 

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutannya menyampaikan, ada 73 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia yang mengikuti Kirab Pemuda Nusantara 2017 ini. Mereka melewati 100 Kabupaten / Kota dan singgah di 34 provinsi, selama 72 hari.

 

 

“Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian kirab. Karena Kabupaten Blitar memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat bagi perjalanan bangsa Indonesia”, kata Menpora Imam Nahrawi, Kamis (7/12/2017).

 

 

Imam Nahrawi menyampaikan, semangat peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 mengusung semangat untuk merangkai semangat persatuan dari provinsi satu ke provinsi lainnya menjadi satu Indonesia.

 

 

“Semangat bahwa Kebhinekaan itu nyata, Kebhinekaan itu takdir dan Kebhinekaan harus tetap dijaga harus tetap digelorakan. Lebih dari itu, mereka adalah saksi mata betapa Indonesia adalah bangsa yang luar biasa melimpah kekayaannya, luar biasa kaya keberagamannya. Dengan mata kepala sendiri, mereka merasakan langsung betapa Bhinneka Tunggal Ika adalah kenyataan, dan bukan sekadar slogan,” ungkap Imam Nahrawi.

 

 

Imam juga meminta kepada seluruh peserta Kirab Pemuda untuk menyebarkan semangat berani bersatu kepada lingkungan di sekitarnya, karena sekat dan batasan-batasan bukan halangan bagi para pemuda untuk terus bersatu demi cita-cita besar membangun Indonesia lebih baik di masa depan

 

 

“Lebih dari sekedar napak tilas kebhinekaan, program ini juga harus menjadi ajang promosi pariwisata lokal dan mendorong potensi daerah dan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia dengan karya-karyanya,” pungkas Imam Nahrawi.

 

 

Adapun kegiatan-kegiatan yang berlangsung di setiap daerah pada saat pelaksanaan Kirab antara lain, 1.Ikrar Kebangsaan Pemuda Untuk NKRI, 2.Napak Tilas Kebhinekaan, 3. Pawai Seni dan Budaya Pemuda, 4.Festival dan Kompetisi Film Pendek Pemuda, 5.Festival dan Kompetisi Band Indie Pemuda, 6.Pameran Kreativitas Pemuda, 7.Talkshow, Workshop dan Seminar, 9.Temu Komunitas Pemuda Kreatif, 10. Bakti Sosial Lingkungan Pemuda, 11. Gerakan Pemuda Membaca kitab Suci, dan 12.Olahraga Rekreasi Pemuda.

 

 

Selama di Blitar peserta kirab pemuda nusantara 2017 melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya kegiatan napak tilas disejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar. Serta membaca kitab suci masing-masing agama yang diikuti sebelas ribu pemuda dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). (an/jar/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional