Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Rombongan Hiu Tutul Terlihat di Perairan Probolinggo

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 22:08
  • / 14 Rabiul Uula 1439
Rombongan Hiu Tutul Terlihat di Perairan Probolinggo
Salah satu hiu tutul yang terlihat di perairan laut utara Probolinggo. (pix)

Memontum ProbolinggoPuluhan hiu tutul kembali terlihat di perairan laut Probolinggo. Tidak seperti kemunculan hiu tutul yang pernah sebelumnya, kali ini hiu tutul yang besar tersebut hanya muncul 4 ekor saja, padahal ada dari nelayan pagi tadi melihat ada banyak sekali.

Rhincodon Typus, nama lain hiu tutul tersebut kembali terlihat di perairan laut Probolinggo sudah 2 hari yang lalu. Dan sekarang ini petugas dari Polair Probolinggo memantau kemunculan hiu tersebut. Memontum.com ikut dalam rombongan pemantauan hiu tutul, dari pantauan yang di dapat, hiu tersebut berada pada jarak satu mil dari pelabuhan tanjung tembaga Probolinggo.

Dalam perjalanan menggunakan kapal Polair, terlihat beberapa hiu yang sangat besar, dan berada di jalur penyebrangan dari pelabuhan tanjung tembaga menuju pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, hiu tersebut biasanya melakukan migrasi untuk mencari makanan seperti planton yang terdapat di perairan laut Probolinggo.

Karena munculnya hiu yang beradi jalur penyebrangan tersebut, sehingga menjadikan wisata tambahan bagi para wisatawan yang akan menuju ke Pulau Gili. Ukuran hiu tersebut tergolong besar larena ukurannya mencapai 5-8meter.

Untuk menghindari exploitasi atau perburuan terhadap hiu tersebut, Polair langsung memberikan himbauan kepada para nelayan serta kepala penyebrangan untuk tidak menggangu keberadaan hiu hiu tersebut, dan untuk wisatawan di larang melempar atau memberikan makan terhadap para hiu.

Bripka Edi Susanto, Kaur Mintu Polair Probolinggo mengatakan, dari pemantauan sementara, hiu tersebut berjumlah belasan yang terlihat, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan terus bertambah.

“Masih belasan yang sekarang terlihat, ini masih dipastilan lagi akan lebih banyak yang akan datang ke perairan laut sini.” jelasnya Edi, Minggu (03/12/2017). Selain itu pihak Polair akan memantau terus dan akan mengawasi keberadaan hiu yang akan bermigrasi di perairan laut Probolinggo, karena disini adalah tempat berkembang biaknya plankton. (pix/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional