Connect with us

Kabupaten Malang

Bersih Desa Ringinsari Sumawe, Pererat Tali Silaturahmi Gotong Royong

Diterbitkan

||

Slamet Winari, Kades Ringinsari serahkan potongan tumpeng. (sur)

Memontum Malang – Peringatan tanggal 1 Muharram 1441 Hijiriyah,selain sebagai wujud pelestarian budaya jawa juga mempererat tali silaturahmi antar warga desa dalam semangat bergotong royong, guyub rukun membangun Desa Ringinsari ke depan lebih baik.

Tidak kalah pentingnya, dengan berlangsungnya acara ini juga sebagai ajang doa bersama memohon keselamatan kehadirat Allah SWT untuk warga Ringinsari serta pemerintah setempat. Hal itu seperti disampaikan Kepala Desa Ringinsari SlametWinari Rabu (25/9/2019) siang.

Slamet Winari Bersama Jajaran Panitia dan Muspika Sumawe. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Slamet Winari Bersama Jajaran Panitia dan Muspika Sumawe. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Kades yang jabatannya belum genap satu bulan ini juga menjelaskan, tujuan lain dari kegiatan ini yaitu nguri-nguri kebudayaan jawa dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

“Ki dalang wayang kulit sekaligus peringatan HUT Desa Ringinsari ke-52 ini Martak Sudarsono dengan judul cerita WISANGGENI DUTO Dadi Utusan. Makna cerita wayang ini sesuai posisi kami saat ini.Kami kan orang kecil,tetapi diutus untuk menjadi pemimpin. Makanya kami laksanakan amanah kepimpinan ini dengan sebaik-sebaiknya,jujur dan adil, ” urai Winari ditemui ditengah berlangsungnya acara.

Juga dijelaskan Winari, sebelum masuki acara puncak, Selasa(24/9/2019) malam, juga berlangsung beberapa acara seperti, khotmil Quran ,tahlil, istighosah yang pahalanya diperuntukkan kepada seluruh mantan pejuang dan Kades Ringinsari terdahulu.

Masih kata Winari, selanjutnya hari Rabu (25/9/2019) pagi hingga sore yaitu parade 2 club drumband, waro’an, atraksi Sakerah, barongsay dari kota Batu dan orkes melayu dari kota Malang.

“Memasuki puncak acara, yaitu campursari. Setelah sambutan dari ketua panitia dan Kepala Desa, mungkin dari Camat Sumawe dan Bupati Malang. Setelah itu pagelaran wayang kulit semalam suntuk, ” ulasnya.

BERSAMA : Foto bersama warga Ringinsari, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (sur)

BERSAMA : Foto bersama warga Ringinsari, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (sur)

Maraknya acara di desa berpenduduk hampir 6000 jiwa ini,selain di hadiri Bupati Malang Drs HM Sanusi MM juga akan dihadiri oleh H.Gunawan anggota DPRD Propinsi Jawa Timur,beberapa anggota DPRD Kabupaten Malang, khususnya wilayah Dapil 3, Muspika dan seluruh Kepala Desa wilayah Kecamatan Sumawe.

“Suksesnya acara ini atas bantuan dari semua pihak,tanpa terkecuali kepedulian para donatur yang begitu besar. Kami tidak membebankan dana sepeserpun kepada masyarakat. Dan itu sebagai gebrakan di awal kinerja kami selaku Kepala Desa Ringinsari untuk periode enam tahun kedepan, ” pungkas Winari mengakhiri wawancaranya. (sur/oso)

 

 

Trending