Connect with us

Sidoarjo

Pelebaran Jalan Grinting Tingkatkan Sosial Ekonomi Warga

Diterbitkan

||

Pembangunan tembok penahan tanah Jalan alternatif di Desa Grinting Kecamatan Tulangan. (par)

Memontum Sidoarjo – Dilebarkannya jalan Desa Grinting Kecamatan Tulangan yang menghubungkan pusat desa dengan Dusun Tanggungan Lor , akan membuka banyak kesempatan kegiatan warga. Karena posisi jalan yang menghadap persawahan blok 02 dan blok 03 akan memberi kemudahan para petani melaksanakan aktifitasnya.

Terutama bila membawa alat pertanian ke sawah maupun membawa keluar hasil pertanian. Kepala Desa Grinting, A Fadil mengatakan, dilebarkannya jalan itu menjadi 7 meter akan banyak memberikan manfaat untuk kebutuhan pertanian maupun lancarnya pertumbuhan ekonomi warga.

Lebih lebih yang terkait dengan BUMDes Sidomakmur. Pasalnya jalan itu menghadap BUMDes Grinting berupa kebun pisang yang kerap sebagai tempat study banding Pemdes lain. Dengan dilebarkanya jalan itu pengunjung tak akan terhambat ketika akan menuju kebun pisang.

Jalan itu juga menghubungkan dua desa tetangga . Kedua warga desa tetangga yakni Desa Kepuh Kemiri dan Desa Modong. Hal ini akan berpelungan melaksanakan kegiatan ekonomi bersama lebih lancar dengan warga Grinting, atau bahkan mencari peluang usaha baru .

” Jalan ini akan menjadi jalan alternatif saat jalan utama di Desa Modong ditutup sehingga keberadaannya sangat vital disamping sebagai sarana pengembangan sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya,” kata Kades

Pelebaran jalan dengan tahap awal membangun pendapingnya dan pengurukan itu dikerjakan secara swakelolah oleh warga Grinting. Penjagaan kualitas menjadi prioritas mengingat fungsi kedepan sedemikian vitalnya. Hal tersebut sesuai dengan yang programkan dalam penggunaan Dana Desa sebagaimana tertuang dalam Permendes no 16 tahun 2018. (par/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending