Connect with us

Kota Batu

Kampung Menteng Rayakan Kemerdekaan RI, Gelar Jalan Sehat, Kampanye Sadar Sampah

Diterbitkan

||

Kampung Menteng Rayakan Kemerdekaan RI, Gelar Jalan Sehat, Kampanye Sadar Sampah

Memontum Kota Batu – Ada yang unik dalam peringatan HUT RI yang ke 74 tahun di kampung Meduran Rt 03 Rw 02 Kelurahan Sisir Kecamatan Batu. Pasalnya selain menggelar jalan sehat, seluruh warga peserta diwajibkan membawa kantong plastik untuk memungut sampah plastik pada rute yang dilewati.

“Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi ini hari minggu dan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu,” ungkap Musolli Ketua RW 02. Oleh sebab itu untuk mendorong warga mau memungut sampah tersebut ia memotivasi dengan memberikan hadiah bagi pemungut sampah plastik terbanyak.

Musolli mengungkapkan, panitia telah menyediakan hadiah dispenser dan uang senilai Rp 150 ribu yang di raih oleh Titik, lalu bagi juara kedua diraih oleh Mario Herlambang dan mendapatkan hadiah teko dan uang senilai Rp 100 ribu, ditambah juara ketiga diraih oleh Nikmatus Sya’diah dan mendapatkan hadiah voucher makan dan uang senilai Rp 50 ribu. “Karena ini gelaran pertama, semoga kedepannya bisa menjadi acara tahunan,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pada panitia dalam membuat budaya menjaga kebersihan lingkungan ini. Ia juga berharap kedepannya warga bisa sadar tanpa harus diberikan hadiah untuk menjaga lingkungannya sendiri agar Kota Batu menjadi kota yang bersih.

“Seperti yang kita tahu kalau weekend ini jelas banyak wisatawan dan jumlah sampah naik hingga 80 ton tiap akhir pekan. Kalau bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi,” terang Punjul. Ia juga menambahkan ungkapan terima kasih terhadap anggota DPRD Kota Batu Didik Subianto yang turut menjadi donatur dalam jalan sehat dan aksi pemungutan sampah Minggu pagi (8/9). (bir/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending