Connect with us

Jember

Cakades Menampu 02 Ancam Tuntut Keadilan, Jika Tanpa Pelunasan Biaya Pilkades

Diterbitkan

||

Suasana pertemuan antara panitia dan Cakades Desa Menampu, disaksikan BPD dan Muspika Gumukmas. (ist)

Jember, Memontum – Ketua panitia pemilihan Kepala desa (Pilkades) Desa Menampu enggan memberikan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) pelaksanaan Pilkades kepada Calon Kepala Desa (Cakades) no 01 Ismadi.

Penyebabnya, panitia menganggap RAB merupakan dokumen dan hak serta wewenang milik panitia. Hal itu disampaikan, saat pertemuan dengan kedua Cakades di Pendopo Kantor Desa Menampu Sabtu (7/9/2019) kemarin.

Ketua Panitia Pilkades Desa Menampu Nono menyampaikan bahwa Desa Menampu merupakan dokumen panitia.

“Surat yang diterima panitia, Ismadi belum memenuhi kesanggupan sebagaimana yang disepakati sewaktu Musdes, calon no 01 (Ismadi) sanggup membayar bila diberikan RAB. Kalau kami memberikan RAB, mohon maaf tidak bisa karena itu adalah dokumen panitia, untuk pegangan panitia, tapi kalau kami menjelaskan kami bisa,” kilahnya.

Nono beralasan mendapat petunjuk dari Camat, bahwa RAB harus dipegang panitia, namum jika sekedar menjelaskan bisa.

“Sehingga ini yang menjadi pembahasan hari ini mengapa calon 01 Ismadi belum memenuhi kesanggupan pada waktu itu, mudah-mudahan Pilkades ini menemui titik terang sesuai dengan yang telah direncanakan,” ungkapnya.

Sementara itu menanggapi penjelasan panitia Ismadi mengatakan Pihaknya menyamakan dengan proses pengajuan proposal, maka di proposal semuanya harus tertera.

“Ini kan untuk kegiatan dan sekarang yang membiayai calon, tapi calonnya tidak tau itu kan aneh, jangan takut, kita transparan saja,” tegas Ismadi.

Ismadi mengaku hal demikian dilakukan semata demi kelancaran dan kesuksesan Pilkades, namun jika seperti ini, kemungkinan harapannya jauh.

“Namanya pegangan yang penting genah, toh, semua ini bukan untuk menunda-nunda, malah kita keburu, agar terlihat sportif dan transparan, kalau seperti ini justru semua menerka-nerka, ada apa,” kata Ismadi.

Ismadi berharap semoga hari ini menemukan titik terang supaya tidak berlarut-larut dan segera terselesaikan dengan baik dan lancar untuk selanjutnya.

Sementara Pihak Cakades 02 Aan Rofii mengaku dirinya tidak mempermasalahkan tentang RAB, karena sudah di periksa oleh inspektorat, toh nantinya panitia akan mempertanggungjawabkan juga melalui LPJ panitia.

Aan mengancam akan menuntut keadilan, jika Cakades 01 Ismadi tidak melunasi sumbangan pihak ketiga yang menurutnya telah disepakati.

“Jika 01 tidak melunasi kita juga akan menuntut keadilan, karena kami sudah melakukan kewajiban yang telah disepakati, kami akan menuntut hak untuk dilaksanakan Pilkades,” ancam Aan.

Hingga berita ini diturunkan proses musyawarah masih berlanjut dan belum menemukan titik terang kesepakatan.(rir/yud/oso)

 

Trending