Connect with us

Kabupaten Malang

Klepu Sumawe Gelar Karnaval HUT RI ke-74

Diterbitkan

||

Pelepasan peserta oleh Kepala Desa Klepu Suwanto (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Bukti Cinta NKRI

 

Memontum Malang – Sebagai rasa cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ribuan warga Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan(Sumawe)Kabupaten Malang gelar karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-74 Minggu (8/9/2019) siang.

Hal itu dilakukan, sebagai rasa cinta mereka terhadap Negara Republik Indonesia(NKRI)ini dan Guyup Rukun Saklawase (Bersatu selamanya).

Kades Klepu Suwanto nersama jajaran panitia dan Muspika Sumawe saat kunjungi Peserta

Kades Klepu Suwanto nersama jajaran panitia dan Muspika Sumawe saat kunjungi Peserta

Syamsul Hadi Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, karnaval yang diikuti oleh 35 club, terdiri dari sekitar 1600 warga 26 RT dan 5 RW mulai dari PAUD TK, SD, SMP, Tsanawiyah Madrasah Aliyah dan masyarakat umum.

Tambah Syamsul, ini sebagai gebrakan awal Kepala Desa Klepu Suwanto mengawali jabatannya selama hampir satu tahun.

“Awalnya,kami bersama masyarakat mengadakan musyawarah. Selanjutnya minta persetujuan Kepala Desa. Ternyata, antusias Kades sangat luar biasa, bahkan dia turun langsung untuk mensosialisasikan rencana tersebut kepada masyarakat, ” terang Syamsul ditemui sebelum berlangsungnya acara Minggu (8/9/2019) kemarin.

Tambah Syamsul, tujuan lain dari karnaval yang diikuti warga pedukuhan Sumber Gentong, Tetelan dan Klepu ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antara semua komponen masyarakat Desa Klepu.

“Yang jelas, pasca Pilkades Klepu beberapa waktu lalu, tidak ada saling dukung mendukung antara calon satu dengan yang lain, semuanya bersatu membangun Desa Klepu untuk lebih baik dari tahun sebelumnya, ” ulas Syamsul.

Ditempat yang sama, M Tayib Kepala Dusun SumberGentong menyampaikan, tujuan karnaval tersebut, selain meriahkan HUT RI ke-74 juga salah satu cara untuk mempersatukan kembali warga desa yang belakangan ini seperti terpecah belah karena permasalahan Pilkades.

“Jika sebelumnya masyarakat terpecah belah menjadi tiga kubu. Mulai hari ini ternyata sudah bersatu dan bersama-sama membangun Desa Klepu untuk 6 tahun kedepan. Giat karnaval ini,selain dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 juga sebagai tujuan Kepala Desa untuk merangkul seluruh komponen masyarakat, ” tandas M Tayib.

Sementara, Suwanto Kepala Desa Klepu juga berharap, warga desa Klepu terus bersatu, bergotong royong membangun desa ‘Guyub Rukun Saklawase.

“Kami selaku pelindung dalam kegiatan ini minta kepada semua komponen desa agar menjadi Desa Klepu lebih baik dari tahun sebelumnya.Kami juga berharap, kegiatan seperti ini terus berkesinambungan di tahun berikutnya, ” beber Suwanto.

Juga dijelaskan Suwanto, sebelumnya, giat seperti ini sudah berlangsung di Dusun Prangas. Dengan dilakukannya acara ini dengan cara bergantian, terang Kades, itu karena luasnya wilayah.

“Biar acara berjalan tertib, karnaval ini kami buat dengan cara bergantian. Selain itu karena luasnya wilayah, ” tandas Suwanto sebelum acara pelepasan.

“Acara ini sekaligus merajut kebersamaan, kesatuan dan persatuan warga desa,” tandas H Abdul Rahman tokoh masyarakat Kabupaten Malang.

Dari pantauan langsung, karnaval di Desa Klepu kali ini mengambil start di lapangan olahraga desa setempat.Dengan mendatangkan sound system dari luar wilayah Kecamatan Sumawe, ribuan peserta berjalan iring-iringan dengan berbagai atraksi yang dikemas dalam bentuk sosial dan budaya ini melintasi Dusun SumberGentong, kemudian menuju garis finish seperti Yang ditentukan panitia. (sur/oso)

 

Trending