Connect with us

Situbondo

Wisata Bukit Cottok Innovation Park (CIP) Diserbu Pengunjung

Diterbitkan

||

BERENANG: Rombongan pelajar kelas XII IPS 3 SMAN 1 Panji Situbondo saat latihan renang bersama di wisata bukit CIP. (im)

Memontum Situbondo – Cottok Innovation Park (CIP) jadi tempat inovasi wisata baru di Situbondo yang dikembangkan di area perbukitan dan dikelola oleh BUMDes Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (25/8/2019) pagi. Diserbu pengunjung.

“Cottok Innovation Park atau CIP ini merupakan bagian dari program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan mengembangkan inovasi berbagai potensi secara terpadu,” kata Muhammad Samsuri Abbas, Kepala desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo saat ditemui Wartawan Memontum.com di lokasi.

NAIK KUDA: Ani Puspita pengunjung asal Kabupaten Jember saat menikmati keindahan wisata bukit CIP sambil berkeliling naik kuda. (im)

NAIK KUDA: Ani Puspita pengunjung asal Kabupaten Jember saat menikmati keindahan wisata bukit CIP sambil berkeliling naik kuda. (im)

Menurut Samsuri panggilan akrabnya, di area perbukitan wisata CIP luasnya mencapai 15 hektare milik los desa Curah Cottok yang melalui program CIP yang semuanya menggunakan dana dari alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD), lanjut dia (Samsuri,red) selain mengembangkan potensi wisata juga mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Selain itu, kata Samsuri, wisata bukit di tanah milik los desa Curah Cottok ini sudah ada fasilitas-fasilitas bagi pengunjung seperti kolam renang, naik kuda dan naik ATV serta sudah ada tempat fasilitas bermain khusus anak-anak. Kemudian kami telah mempersiapkan pengembangan lampu taman di perbukitan dan kolam renang serta juga kolam ikan.

“Program Cottok Inovation Park ini juga dipersiapkan menjadi wisata berbasis pendidikan bagi kalangan pelajar. Agar mereka dapat belajar teknologi terbaru di Cottok Inovation Park,” tuturnya.

Muhammad Samsuri Abbas, Kepala Desa Curah Cottok. (im)

Muhammad Samsuri Abbas, Kepala Desa Curah Cottok. (im)

Diterangkan Samsuri, untuk mengembangkan teknologi terbaru di perbukitan Desa Curah Cottok tersebut, saat ini pihak desa telah menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Beberapa waktu lalu, sebanyak 15 orang pemuda di desa kami telah dua kali mengikuti pelatihan merancang pembangkit listrik dengan tenaga surya atau PLTS,” paparnya.

Lebih lanjut, Samsuri menjelaskan, bahwa wisata bukit CIP jadi inovasi wisata Desa Curah Cottok dan telah mendaftar untuk mengikuti lomba Desa Wisata tingkat Nasional mewakili Kabupaten Situbondo yang akan dinilai oleh Kemendes Pusat.

“Rencananya pada tanggal 30 Agustus pekan depan akan dinilai dan sudah terakhir pendaftarannya, semoga sukses dan harapan kami akan masuk 10 besar, “pungkasnya.

Azizi Kiram (18) salah satu perwakilan rombongan pelajar kelas XII IPS 3 SMAN 1 Panji Situbondo saat ditemui Wartawan Memontum.com di area kolam renang wisata bukit CIP mengatakan, bahwa kami sangat senang sekali bisa seminggu sekali berkunjung ke wisata bukit ini.

“Tujuan kami berkunjung, selain berlibur pada area perbukitan juga untuk membentuk kekompakan tim supaya bisa latihan bersama dan tempat wisata CIP ini sangat cocok untuk belajar renang dan lari cepat, ” kata atlet Situbondo yang meraih Juara 1 lari 100 meter Tingkat Provinsi lari sprint di Kediri bulan Juli lalu. (im/oso)

 

Trending