Kabar Desa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Adat Papua Meriahkan Pawai Budaya Desa Wonokalang

  • Minggu, 25 Agustus 2019 | 18:24
  • / 23 Djulhijjah 1440
Adat Papua Meriahkan Pawai Budaya Desa Wonokalang
Pakaian adat Papua yang ditampilkan oleh warga Dusun Wonoboyo RT 1 /RW 1. (par)

Memontum Sidoarjo – Semangat persatuan dan kesatuan bangsa warga Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu mencuat melalui pawai budaya. Hal itu terlihat dari 11 RT setiap peserta pawai budaya yang menampilkan kreativitasnya .

Mulai dari tampilan masyarakat adat suatu daerah, tokoh kepahlawanan, pertanian hasil bumi, dan banyak lainnya yang menarik. Pawai mengelilingi seluruh kampung di desa , sehingga setiap kelompok peserta mendapat sambutan dari seluruh warga.

Tema pawai budaya itu adalah mencintai tanah air serta mempererat persaudaraan sesama warga desa. Sebagaimana disampaiakan oleh Pj. Kepala Desa Wonokalang, Joko Pitoyo. Pihaknya ingin semua warga Desa Wonokalang semakin rukun melalui berkumpul di satu tujuan mencintai tanah airnya .

” Awalnya akan diadakan di tiap dusun, namum agar lebih guyup dan rukun kami jadikan satu di desa. Tak lupa pesan menjaga kebersihan dan penghijauan lingkungan juga menjadi prioritas,” pesannya.

Ayu, seorang peserta berkostum adat papua merasa senang dengan kegiatan tersebut. Dikatakan dia dengan suka cita ikut pawai.

” Kami ingin anak muda mengenal budaya dan berbagai adat di Indonesia. Untuk persiapan banyak waktu dan biaya yang keluar namun tak mengapa,,”katanya.

Pemdes Wonokalang bersama Karang Taruna memberikan hadia bagi peserta pawai terbaik versi penilaian dewan juri. Dan sebuah sepeda motor matic untuk hadiah utama peserta jalan sehat. Dukungan serupa juga disampaikan oleh Sujarwoto, sesepuh desa . Menurutnya , kegiatan ini menunjukkan kesadaran warga Desa Wonokalang semakin baik , hal itu patut diapresiasi. (par/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional