Kabar Desa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Peringatan HUT RI ke 74 di Kecamatan Batu, Meriah di Kuliner Pasar Parkiran

  • Minggu, 18 Agustus 2019 | 19:09
  • / 16 Djulhijjah 1440
Peringatan HUT RI ke 74 di Kecamatan Batu, Meriah di Kuliner Pasar Parkiran

Memontum Kota Batu – Kemeriahan HUT ke 74 RI di Kecamatan Batu meriah. Melalui ajang ‘Kecamatan Batu Duwe Gawe’ beberapa perlombaan digelar. Seperti Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), Lomba Cipta Menu, Lomba Mars PKK, Lomba Panjat Pinang dan pesta rakyat.

Acara yang digelar di Wahana Wisata Pasar Parkiran, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir mulai pada pukul 9.00 WIB, Minggu pagi (18/8/2019).

Camat Batu Yopi Supriadi mengatakan, kegiatan dan perlombaan ini digelar untuk menyemarakkan dan mengisi kemerdekaan ke 74 RI melibatkan semua unsur jajaran TNI (Danramil) dan Kepolisian (Kapolsek) sebagai panitia Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN) bersama.

” Lomba ini digelar untuk mengisi kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan,” ungkap mantan Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Batu ini.

Demi suksesnya penyelenggaran semua unsur dilibatkan mulai pegawai kecamatan, kelurahan, desa, linmas, PKK, Bhayangkari (istri polisi), Kartika Chandra (istri TNI) dll.

Untuk lomba cipta menu misalnya, peserta wajib memilih bahan pokok non beras dengan bahan baku seminimal mungkin tidak boleh lebih dari Rp 50 ribu. Lalu mars PKK menyanyikan lagu kemerdekaan dan daerah.

” Untuk lomba itu diikuti oleh ibu koramil, bhayangkari polsek, PKK, Dharmawanita, perwakilan desa/kelurahan yang berjumlah 11 tim. Tim juri/penilai pun kita tidak asal-asalan. Dinilai oleh salah satu koki terbaik dan seniman lalu pencipta lagu untuk menjuri perlombaan mars PKK,” tambah Yopi.

Penyelenggaraan yang digelar hanya sehari ini diharapkan bisa menggugah rasa nasinalisme para peserta dan masyarakat yang ikut berpartisipasi.

” Ini merupakan gelaran perdana kecamatan, harapannya kegiatan bisa semakin semarak di tahun berikutnya untuk mendukung sumber daya yang kuat melalui pemberdayaan maksimal,” urainya.

Paling seru, tambah Yopi, perlombaan PBB Linmas yang mempertemukan perwakilan 11 desa/kelurahan di Kota Batu. Panitia pun bakal memberikan hadiah uang pembinaan bagi juara I, II dan III serta piala bergilir.

” Untuk penutupan bakal diisi dengan lomba panjat pinang sore hari ini dan ditutup dengan pesta rakyat.

Senada, Danramil Kecamatan Batu, Kapten Inf, Michael AJ sangat mengapresiasi gelaran ini. Selain melibatkan seluruh unsur dalam menyemarakkan lomba ini juga sebagai wujud syukur mengisi kemerdekaan.

” Luar biasa, semoga menjadi agenda rutin. Kita harus berpartisipasi meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu. Junjung sportivitas demi pembinaan karakter dan contoh generasi muda,” tegas dia.

Kemudian, Kapolsek Batu, AKP Moh Lutfi menuturkan, perlombaan ini menjadi salah satu cerminan sinergitas seluruh unsur baik kepolisian, TNI, pemerintah (Kecamatan) dalam mengisi kemerdekaan.

” Semoga terus berkelanjutan dan semakin meriah. Tidak ada batasan, semua pihak wajib memeriahkan kemerdekaan RI,” bebernya.

Manager Pasar Parkiran, Heri Maskur mengaku, siap bersinergi dalam kegiatan apapun terutama peringatan kemerdekaan baik itu dengan pemerintah, unsur TNI maupun Polri.

” Alhamdulillah acara berjalan lancar, untuk tahun depan semoga bisa ditempatkan kembali disini. Kami siap mendukung gelaran serupa untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Batu dan Kota Batu,” tutupnya. (bir/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional