Kabar Desa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Ulama dan Umaroh Desa Grinting Gelar Sunatan Masal, Digelar Setiap Idul Adha

  • Selasa, 13 Agustus 2019 | 09:14
  • / 11 Djulhijjah 1440
Ulama dan Umaroh Desa Grinting Gelar Sunatan Masal, Digelar Setiap Idul Adha
Kepala Desa Grinting, A. Fadil naik delman besama peserta sunatan masal. (par)

Memontum Sidoarjo – Sejak tahun 1982 warga Desa Grinting melaksanakan sunatan masal di Hari Raya Iddul Adha. Sunatan tersebut merupakan bentuk ibadah dalam menjalankan sunnah rosul sekaligus sebagai tradisi warga dalam mensyukuri Hari Raya Idful Adha.

Sunatan tersebut disamping untuk menjalankan kewajiban syariat agama bagi anak, juga akan menanamkan sikap giat beribadah serta menambah kerukunan bagi masyarakat umumnya, karena dalam kegiatan ini siapapun anak itu dipersilahkan sunnat dengan gratis.

Acara yang dipusatkan di masjid An- Nur Desa Grinting itu merupakan bentuk kebersamaan antara ulama dan umaroh. H. Widodo seorang takmir masjid setempat mengatakan bahwa acara tersebut didukung Pemerintah Desa.

” Sejak tahun 1982 acara sunatan masal diadakan, saya salah satu yang disunat dan ayah saya sebagai Kepala Desa saat itu. Jadi antara ulama dan umaroh di Grinting sudah sangat harmonis sejak dulu,” jelasnya.

Kali ini, tak kurang 15 anak diarak keliling desa dengan menaiki delman. Nampak wajah tegang namun tegar diantara peserta sunatan. Ungkapan haru namun bangga diantara warga yang menyaksikan arak arakan. Diantaranya ditunjukkan oleh Kepala Desa Grinting, A. Fadil, yang saat itu putranya yang bernama Agung diantara 15 anak yang diarak keliling desa.

” Momen seperti ini harus dilestarikan karena merupakan bentuk ibadah dan tradisi di desa. Lebih-lebih memfasilitasi putra siapapun yang menginjak dewasa, seperti putra saya saat ini. Jadi pemerintah desa akan selalu mendukung dengan APBDes demi masa depan semua anak tanpa perbedaan, ” tegasnya. (par/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional