Kabar Desa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Cerdaskan Warga, Ruang Baca Desa Ketimang Dibangun 2 Lantai

  • Rabu, 7 Agustus 2019 | 07:48
  • / 5 Djulhijjah 1440
Cerdaskan Warga, Ruang Baca Desa Ketimang Dibangun 2 Lantai
Pj. Kepala Desa Ketimang, H. Buang Slamet, SH. M.M. ( kiri ), didampingi Suyanto,TPK pembangunan ruang baca. (par)

Memontum Sidoarjo – Pemerintah Desa Ketimang Kecamatan Wonoayu memandang, bahwa membaca adalah proses terpenting bagi siapapun untuk menjadi cerdas, berwawasan, serta berkarakter. Oleh karenanya pihaknya memberikan tempat dan fasilitas membaca menjadi pilihannya.

Disamping untuk mendapat ilmu pegetahuan penting juga mempunyai kecerdasan spiritual dan berkarakter . Sebagaimana disampaikan oleh Pj. Kepala Desa Ketimang, H. Buang Slamet SH. M.M. Menurutnya, dadget memang sudah memasyarakat, dengan segala informasinya, namun dengan membaca buku tertentu pasti akan mendapat kecerdasan sepiritual dan karakter disamping ilmu pengetahuan. Yakni dari buku cerita rakyat atau dongeng yang bermuatan pendidikan karakter. Untuk itu dibangunlah ruang baca ini.

Ruang baca tersebut akan mempunyai nilai penting tidak hanya bagi anak muda atau pelajar, namun bermanfaat juga bagi para ibu dan bapak. Pasalnya akan tersedia berbagai jenis buku dengan isi yang dapat dikonsumsi sesuai dengan umur dan kebutuhan.

Lelbih lanjut H. Buang Slamet memaparkan jika ruang baca akan diisi dengan berbagai jenis buku , dari kebutuhan anak anak sampai buku pengetahuan bagi ibu- ibu. Dan untuk mengisi bukunya , desa akan berkoordinasi dengan perpustakan Kabupaten Sidoarjo, disamping partisipasi warga yang peduli agar anak- anak gemar membaca.

Atas dasar Musrenbangdes pembangun ruang baca tersebut terlaksana dan bertempat di lingkungan balaidesa. Dengan pertimbangan efisiensi lahan dan perencanan yang berkelanjutan, bangunan tersebut direncanakan berlantai 2 .

Suyanto, Ketua TPK ( Tim Pengelola Kegiatan ) pembangunan itu merencanakan pembangunan yang lebih efisien dan berkelanjutan, mengingat lahan lingkungan balai desa juga terbatas, maka bangunan ruang baca ini didisain untuk 2 lantai.

“ Dengan dua lantai yang direncanakan , bila kita membutuhkan ruangan lagi, tidak perlu biaya lebih besar. Tinggal menambah dinding dan atapnya saja. Jadi lebih hemat namun tetap berstandart,” tuturnya . (par/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional