Connect with us

Kabupaten Malang

Embung Putat Lor untuk Kesejahteraan Petani

Diterbitkan

||

Lasis Kades Putat Lor.(sur)

Memontum Malang – Pembangunan embung di Desa Putat Lor Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang oleh Provinsi Jawa Timur dua tahun lalu sangat dirasakan oleh para petani, terutama ketika musim kemarau seperti sekarang.Dengan keberadaan embung di Desa Putat Lor ini, juga telah meningkatkan efisiensi waktu petani dalam mengolah lahan.

Lasis, Kepala Desa Putat Lor mengatakan, keberadaan embung dengan kisaran luas sekitar 1 hektar ini dikelola oleh kelompok pemuda untuk komoditi komersial kolam pemancingan.Tetapi hasil dari pendapatan itu bukan untuk pribadi,melainkan untuk kegiatan Bhakti Sosial,seperti santunan anak yatim dan berbagai giat keagamaan.

POTENSI : Embung untuk kesejahteraan petani. (sur)

POTENSI : Embung untuk kesejahteraan petani. (sur)

“Ini sebuah prospek yang cukup bagus.Saya pribadi sangat salut dengan kekompakan dan semangat kebersamaan pemuda Desa Putat Lor, ” ujar Lasis Selasa (6/8/2019) kemarin.

Sementara itu, salah seorang warga mengatakan, sebelum ada embung, para petani di Desa Putat Lor hanya sanggup mengolah sepertiga dari luasan lahan yang digarap.

“Dulu waktu kita habis digunakan untuk mengangkuti air dari sumber yang letaknya cukup jauh. Sekarang jadi hemat waktu untuk bekerja menyiram tanaman,” ungkap salah seorang warga.

Selain itu, Desa Putat Lor juga telah dirikan Badan usaha milik desa (BUMDes)yang merupakan instrumen pengembangan basis ekonomi pedesaan yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan memberikan peningkatan pendapatan asli desa (PADes).

“Dengan terciptanya BUMDes Barokah Abadi ini, semoga menjadi badan usaha milik desa yang mandiri. Kedepan lebih maju dan bisa mencakup untuk kesejahteraan masa depan warga Putat Lor, ” harap Kades yang jabatannya baru di usia tujuh bulan ini.

Disinggung terkait dengan pengelolaan bisnis dalam BUMDes tersebut,terang Kades, BUMDes ini bergerak dalam bidang bisnis jasa pembayaran rekening listrik, PKH dan air mineral Kanjuruhan.

“Pengelolaan segala aspek ini,kami lakukan bersama-sama perangkat. Mereka bisa bekerja sama dengan baik, tanpa terkecuali elemen BPD, semuanya kami ajak koordinasi, yang tujuannya tidak lain untuk menciptakan Desa Putat Lor lebih baik dari sebelumnya, ” urai Lasis mengakhiri wawancara. (sur/oso)

 

Trending