Connect with us

Bondowoso

Perbaiki Jembatan Wonosroyo Bondowoso, Warga Desa Turun ke Jalan Galang Dana

Diterbitkan

||

MEMPRIHATINKAN: Kondisi Jembatan Wonosroyo di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari Bondowoso harus segera diperbaiki

Memontum Bondowoso – Warga Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Bondowoso turun ke jalan melakukan penggalangan dana untuk perbaikan Jembatan Wonosroyo. Penggalangan dana dilakukan warga desa, karena prihatin dan kesal melihat jembatan rusak yang menghubungkan Desa Lombok Kulon, Desa Jumpong, Desa Tumpeng, dan Desa Padasan, Kecamatan Pujer, tak kunjung diperbaiki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso.

Padahal, kondisi Jembatan Wonosroyo yang sudah lama rusak, itu sangat memprihatinkan dan membahayakan pengguna jalan.

”Jembatan Wonosroyo ini menjadi akses warga Desa Lombok Kulon, Tumpeng, Jumpong, dan Desa Padasan Kecamatan Pujer. Karena tidak kunjung diperbaiki pemerintah, warga desa mengumpulkan dana dari pengguna jalan untuk perbaikan jembatan,” kata Ubaed, salah seorang pemuda desa setempat.

Warga desa ingin cepat memperbaiki jembatan, karena menurut Ubaed, landasan jembatan dari balok dan papan kayu sudah rapuh. Sehingga, jika tidak cepat diperbaiki, dikawatirkan ambruk dan membahayakan pengguna jalan yang melewati jembatan yang membentang di Sungai Wonosroyo itu.

”Jembatan ini dari bahan besi, balok kayu dan papan sepanjang kurang lebih 30 meter dengan lebar 2 meter. Jadi, warga desa tidak ingin ada korban, baru diperbaiki. Makanya, warga desa swadaya mengumpulkan dana untuk memperbaiki jembatan,” jelasnya.

Subairi, warga desa lainnya juga mengatakan, perbaikan Jembatan Wonosroyo dengan tutun ke jalan melakukan penggalangan dana, merupakan inisiatif warga desa. Ini karena, warga prihatin Pemkab Bondowoso tak kunjung memperbaiki jembatan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Wonosari dan satu desa di Kecamatan Pujer.

”Karena, warga desa tidak punya biaya memperbaiki jembatan, itu terpaksa turun ke jalan meminta sumbangan kepada pengguna jalan yang melintas di jalan jembatan,” katanya.

Karena itu, Ubaed maupun Subairi berharap Pemkab Bondowoso turun ke lapangan melihat kondisi Jembatan Wonsroyo yang memprihatinkan dan membahayakan pengguna jalan. Sehingga, pemkab bisa segera memperbaiki jembatan yang sangat dibutuhkan warga desa untuk menunjang akses perekonomian dan pendidikan. (ido/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending