Kabar Desa

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Pemdes Wonokalang Bangun TPT

  • Rabu, 31 Juli 2019 | 11:39
  • / 28 Djulqa'dah 1440
Pemdes Wonokalang  Bangun TPT
Pembangunan TPT ( Tembok Penahan Tanah ) di Desa Wonokalang. (par)

Memontum Sidoarjo – Peran aktif warga dalam melaksanakan pembangunan adalah salah satu kunci keberhasilan pembangunan di lingkup terkecil . Kata kunci tersebut berlaku mutlak pada pembangunan di tingkat desa.

Konsep pembangunan demikian terealisasi di Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu .Desa tersebut melaksanakan pembangunan infrastruktur atas dasar usulan dari warga. Pj. Kepala Desa Wonokalang, Joko Pitoyo menyampaikan bahwa setiap aktivitas pembangunan adalah hasil Musrenbangdes. ” Setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes adalah atas usulan warga melalui Musrenbangdes,” katanya.

Seperti pembangunan TPT ( Tembok Penahan Tanah ) pada jalan masuk di Dusun Wantil. Kegiatan tersebut hasilnya akan bermanfaat tidak hanya bagi warga yang keluar masuk kampung, namun juga bermanfaat bagi petani.

Pasalnya dengan kondisi jalan yang diperkuat dengan tembok disisi sampingnya, akan mencegah ambrolnya tanah bila kendaraan dengan muatan berat lewat. Seperti disampaikan Abdul Majid, Kepala Dusun Wantil.

Menurutnya , truk yang masuk tidak hanya truk bermuatan material milik warga, tetapi juga truk yang muat hasil pertanian, terutama tebu yang mungkin keluar masuk saat musim hujan. Tak kurang lahan persawahan seluas 20 Ha terhampar di sisi barat dan utara kampung.

Lebih jauh Kasun memaparkan bahwa kegiatan tersebut atas usulan dari warga tiga RT di Dusun itu, yang terdapat sekitar 160 kepala keluarga. Dan baiknya proyek tersebut warga sendiri yang mengerjakan.

” Jalan itu adalah satu satunya akses jalan besar untuk masuk Dusun , sehingga warga mengusulkan untuk perawatan , lebih lebih menjadikan jalan itu sebagai pintu gerbang yang bersih dan elok untuk kampung. Selanjutnya atas petunjuk Kepala Desa karena anggarannya dari Dana Desa, maka warga sendiri yang mengerjakan,” pungkasnya. (par/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional