Connect with us

Jember

Pilkades Kencong, DPS 20 ribu lebih, Panitia Sebut Anggaran 340 Juta “Minim

Diterbitkan

||

Pilkades Kencong, DPS 20 ribu lebih, Panitia Sebut Anggaran 340 Juta "Minim"

Memontum Jember – Pemilihan Kepala Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember dengan Daftar Pemilih sekitar 20 ribu lebih, merupakan jumlah pemilih yang terbesar se-kabupaten Jember, dalam kegiatan tersebut panitia menganggarkan Rp 340 juta. Jika dibandingkan Desa lain dengan jumlah daftar pilih yang rata -rata sekitar 10 ribu, anggaran sebesar itu termasuk minim.

Anggota Panitia Pilkades Desa Kencong, Yoni Setiawan menyampaikan,jika Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkades saat ini total ada 20.600 orang. Merujuk pada pemilihan presiden kemaren, jumlah pemilihnya ada sekitar 21 ribu lebih termasuk daftar pemilih tambahan yang berasal dari luar Desa Kencong.

“Saat ini kita masih dalam tahap verifikasi berkas, sudah ada tiga calon yang mendaftar. Namun, dua calon masih perlu melengkapi berkas, sebagaimana ketentuan, kita beri waktu lima hari sampai tanggal 25,” kata Yoni ditemui di kantor Desa Kencong, Senin ( 22/7/2019) malam.

Yoni menambahkan,Nantinya bila sudah lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai calon baru dibahas terkait anggaran, sebagaimana di Perbub bahwa anggaran Pilkades ada tiga sumber, pertama APBD, APBDes dan Sumbangan Pihak Ketiga yang tidak mengikat.

Bila ada calon yang enggan menyumbang, kata Yoni, dengan jumlah DPS sedemikian besar, maka acuannya di Perbub yakni di Musdeskan kembali.

“Kalau masih enggan menyumbang, kita kembalikan lagi ke BPD, karena panitia tidak sanggu,” jelas Yoni.

Yoni menjelaskan, anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkades di Desa Kencong sekitar 340 juta. Sementara anggaran dari APBDes sebesar Rp 71 juta. Jadi, butuh sumbangan pihak ketiga Rp 248 juta.

Meski begitu, ungkap Yoni, dengan jumlah DPS yang sedemikian besar. Tapi, anggaran sudah ditekan seminimal dan seefisien mungkin.

“Barangkali, kita anggarannya paling kecil dibandingkan dengan desa lain kalau dengan DPS yang demikian besar itu,” pungkasnya. (rir/yud/oso)

 

Trending