Connect with us

Sidoarjo

Pemdes Semambung Dukung Sidoarjo Bersih dan Hijau

Diterbitkan

||

Pengerjaan drainase di Desa Semambung Kecamatan Wonoayu. (par)

Memontum Sidoarjo – Pembangunan infrastruktur di desa desa wilayah Kabupaten Sidoarjo kerap mengedepankan perbaikan kualitas lingkungan. Hal tersebut terlaksana dalam upaya mendukung mewujudkan Sidoarjo Bersih Hijau yang menjadi program yang diperlombahkan antar desa setiap tahun.

Seperti , pembangunan drainase di Desa Semambung Kecamatan Wonoayu yang merupakan program perbaikan lingkungan. Yakni pencegahan banjir sehingga menjadikan lingkungan tetap bersih. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desanya M. Abuali.

Menurutnya , pembangunan drainase di RT 04 RW 02 desa Semambung sangat dibutuhkan oleh warga, mengingat daerah tersebut langganan banjir bila hujan turun yang menjadikan lingkungan kotor dan tercemar

Pelaksanaan proyek dengan anggaran dari pusat tersebut tetap mengedepankan regulasi yang ada. Yakni berdasarkan Permendes no 16 tahun 2018 yang mengamanatkan hasil pembangunan harus menyentu kebutuhan masyarakat langsung serta dilaksanakan secara pemberdayaan warganya.

” Kami berupaya melaksanakan amanat tata cara penggunaan anggaran Dana Desa dengan benar, seperti halnya pemberdayaan sehingga yang mengerjakan adalah warga sendiri. Itu adalah sebuah keuntungan karena memberikan nilai ekonomis bagi warga dan tentunya kwalitas hasilnya akan lebih terjamin,” katanya.

Adanya drainase sepanjang 63 meter di tepi jalan kampung tersebut menjadikan ada perbaikan lingkungan yang menonjol. Kasiman warga setempat menyatakan dengan adanya proyek di samping jalan kampung ini banyak manfaatnya.

” Saya sendiri sebagai pekerjanya, dan yang penting diharapkan tidak ada lagi air menggenang dihalaman rumah saat hujan, sehingga lingkungan menjadi bersih, ” tuturnya. (par/yan)

 

Trending