Connect with us

Sidoarjo

Enceng Gondok Sumbat Saluran Sungai Boro

Diterbitkan

||

Enceng Gondok Sumbat Saluran Sungai Boro

# Dinas PU Pengairan Abai

Memontum Sidoarjo – Saluran sungai Boro di Desa Boro Kecamatan Tanggulangin yang berada di tengah pemukiman penduduk dipenuhi sampah dan enceng gondok. Akibatnya, aliran air tidak dapat mengalir dengan normal. Dikhawatirkan, air sungai meluap dan merendam rumah warga.

PLH Kades Boro Arie Prabowo mengatakan saluran tersebut dipenuhi enceng gondok serta sampah kiriman dari daerah hulu. “Setiap pertama kali hujan dapat dipastikan sampah dan eceng gondok. Ini menyebabkan kerusakan pada jembatan desa dikarenakan jembatan itu baru dibangun dan tidak mampu menahan beban,” ucapnya.

Ia berharap eceng gondok dan sampah segera dibersihkan agar warga tidak lagi was-was. Instansi terkait yakni Dinas PU Pengairan Kabupaten Sidoarjo turun tangan karena pemerintah desa sudah melakukan koordinasi. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan serius dari Dinas tersebut. “Memang warga sudah melakukan kerja bakti, tetapi tidak mampu serta kewalahan melihat banyaknya eceng gondok, ” jelasnya.

Mistari (45), warga setempat menjelaskan, kondisi sungai berdekatan dengan kebon bambu dan nampak di lokasi tidak terjamah dengan perawatan maupun pembersihan sehingga keberadaan eceng gondok tumbuh pesat dan menutupi saluran sungai. “Sebaliknya jika dibiarkan dikhawatirkan akan merusak bangunan atau fasilitas umum termasuk jembatan,” ujarnya. (gus/ono)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending