Connect with us

Sidoarjo

Dongkrak IDM, Kades se- Kecamatan Wonoayu Study Banding hingga Riau

Diterbitkan

||

Pendopo Kecamatan Wonoayu. (par)

Memontum Sidoarjo – Sedikitnya 23 Kepala Desa se- Kecamatan Wonoayu study coperative ke Desa Mandiri terbaik Nasional tahun 2018, Desa Kebonsari Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Rampak Provinsi Riau . Study banding ini untuk meningkatkan IDM ( Indeks Desa Membangun ) untuk mewujudkan Desa Mandiri bagi Desa yang dipimpinnya,

Desa tersebut sangat layak ditiru, pasalnya wilayah atau desa itu adalah tujuan transmigrasi pada masa lalu. Sebagaimana disampaikan oleh Camat Wonoayu, H. Abdul Kifli yang turut mendampingi ke Riau. Menurutnya , Desa Kebonsari adalah daerah tujuan transmigrasi, yang kondisi awalnya sangat kurang dibanding wilayah Wonoayu.

Namun , dengan semangat pemerintah desa membangun dan dibarengi dengan menejemen yang baik, akhirnya menjadikan desanya mandiri dalam membangun. “ Sukses membengun desa itu yang perlu kita ketahui, ” jelasnya.

Menurunnya jumlah penduduk miskin di Desa Kebonsari menjadi perhatian tersendiri. Hal tersebut menunjukkan pemerintah desa mampu menumbuhkan dan mengemkembangkan perekonomian warganya. Lebih lebih warga dengan mudah dapat memanfaatkan atau memperoleh fasilitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan taraf hidupnya.

Warga disana dengan mudah memperoleh layanan baik layanan administrasi di desa, layanan kesehatan, dan banyak layanan lain yang terkait dengan kebutuhan hidup dan perekonomian sehari- hari.

Sementara yang menjadi pemikiran Sekretaris Kecamatan Wonoayu, Gundari adalah ketersediaannya fasilitas pendidikan yang dekat dengan desa. Dikatakannya, yang menjadikan warga dan generasi muda di Desa tersebut sangat nyaman adalah tersedianya fasilitas kesehatan dan pendidikan yang dekat . Lokasi belajar dari sekolah dasar sampai SLTA tidak jauh dari desanya. Sehingga mereka mempunyai semangat untuk maju. “ Itu yang juga harus kita upayakan kepada Pemda Sidoarjo,” ujarnya.

Kepala pemerintahan di sana dari Camat, Kepala Desa, dan Sekdesnya yang berasal dari Jawa sukses membawa Desa Kebonsari berprestasi di tingkat nasional .Hal itu semestinya menjadi pelecut pemerintahan di wilayah kecamatan Wonoayu. Sebagaimana diharapkan oleh Sekcam,” Mereka orang jawa, dapat mengantar desa menjadi Desa Mandiri tingkat nasional dengan gotong royong. Kita pasti bisa melakukan,” pungkasnya . (par/yan)

 

Trending