Connect with us

Sidoarjo

Antisipasi Banjir, Pemdes Pesawahan Kebut Perbaikan Saluran

Diterbitkan

||

Perbaikan jalan dan saluran sungai di Desa Pesawahan, Kecamatan Porong mengantisipasi banjir di musim hujan. (gus)

Memontum Sidoarjo – Antisipasi banjir di musim hujan, jajaran pemerintah desa, berbenah diri melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Seperti halnya di lakukan Pemerintah Desa Pesawahan, Kecamatan Porong, Kamis (18/07) siang. Mereka memasang bata kombo, di sepanjang sungai yang terletak di area pemukiman warga. Serta perbaikan jalan yang sebelumnya terpendam banjir tahun 2018 lalu.

Plh Kepala Desa Pesawahan, Suyono di dampingi Kasi Pelayanan Umum, Khoiron mengatakan perbaikan infrastruktur berupa pemasangan batu kombo dipinggir sungai sebagai peningginan volume.

Dengan begitu ketika dimusim hujan, rumah warga tidak terpendam banjir atau tidak terjadi luapan air sungai. Hal yang sama kami juga melakukan perbaikan jalan, agar dapat dipergunakan untuk aktifitas seperti semula.

Diakui Suyono, pasca kebanjiran dan meredam sebagai rumah warga pada tahun lalu. Kondisi jalan desa, maupun jalan perkampungan mengalami kerusakan dan banyak berlubang. Itupun hampir keseluruhannya. ” Maka dari itu di musim kemarau ini, kami lakukan pengerjaan pembangunan, dan perbaikan,” katanya

Terkait dengan pemasangan bata kombo di sepanjang sungai berjarak 90 X 4 M, secara teknis dan berkala setelah selesai akan di manfaatkan untuk budidaya ikan (keramba ikan). Bertujuan mengantisipasi pembuangan sampah ke sungai, menjaga kelestarian dan menjaga habitat ikan.

” Pada intinya kami menciptakan keramba ikan atau budidaya ikan, didalam sungai itu menumbuhkan perekonomian warga. Karena teknis kita itu, berjangka panjang dan tidak mengganggu saluran arus sungai. Sekaligus menciptakan, membangun kesadaran warga, untuk tidak membuang sampah di sungai “, jelas Kasi Pelayanan Umum, Khoiron. (gus/yan)

 

Trending