Connect with us

Kabupaten Malang

Pilkades Dampit, 4 Petahana Lolos, 1 Cakades Gagal dan 2 Desa Wajah Baru

Diterbitkan

||

CAKADES :Suharto, Cakades Terpilih Sukodono Nomor Urut 3 bersama kedua rival. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Suharto Cakades Terpilih Sukodo, Melenggang ke 2 Periode

 

Memontum Malang – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Minggu (30/6/2019) lalu, berjalan lancar, aman, sukses dan terkendali. Namun, dalam Pilkades yang berlangsung di 7 titik ini, satu Cakades petahana yaitu Sudarno mengalami kegagalan memimpin kembali di desa dengan 2573 DPT ini untuk 5 tahun ke depan.

Disisi lain, Desa Pamotan, juga bakal dipimpin oleh seorang Cakades wajah baru bernama Drs Sukoharyono untuk lima periode (2019-2025) mendatang.

VISI MISI : Bagus Sulistyawan AP MSi Camat Dampit bersama Muspika dalam acara penyampaian Visi Misi Cakades Sukodono. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

VISI MISI : Bagus Sulistyawan AP MSi Camat Dampit bersama Muspika dalam acara penyampaian Visi Misi Cakades Sukodono. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Dari 4 Cakades petahana terpiilih ini masing-masing,Suharto Cakades terpilih Sukodono,Matsalim Sumbersuko,Sunarko Cakades Pojok dan Sugeng Wicaksono, Desa Bumirejo.

Dihubungi Minggu (7/7/2019) sore kemarin, Suharto Cakades terpilih Desa Sukodono mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat, bahwa dia masih mendapat amanah untuk melanjutkan kepemimpinannya di desa potensi kopi dan salah pondo ini.

“Alhamdulilah,masyarakat kembali memberi kepercayaan kepada saya. Dengan amanah ini, kami akan bekerja sama dengan warga desa untuk membangun Sukodono terutama dalam bidang insfrastruktur, ” terang Suharto.

Lanjut Cakades terpilih di desa perbatasan dengan wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) ini,dalam kepemimpinan di jilid dua nanti, dia juga akan lebih meningkatkan taraf hidup perekonomian warga desa.

“Melalui Bumdes Raharja disini, ke depan kami berharap, produksi kopi, salak akan lebih meningkat, tanpa terkecuali potensi wisata alam Coban Pendawa yang ada disini, ” tambahnya.

Data yang didapat Memontum. Com dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Malang, Pilkades Sukodono terdiri dari 7512 DPT dengan diikuti oleh tiga Cakades, seperti nomor urut 1. Eko Adi Purwanto dengan perolehan 1484 suara.

Berikutnya Sutopo Cakades nomor urut 2 dengan 1984 suara. Sedangkan Suharto, Cakades nomor urut 3, berhasil kantongi sebanyak 2342 suara.

“Terjadi selisih 858suara, antara Suharto dengan Cakades nomor urut 1. Selanjutnya, selisih antara Suharto dengan Cakades nomor urut 2 sebanyak 358 suara, ” ungkap salah seorang warga Sukodono beberapa waktu lalu.

Sementara, Camat Dampit, Bagus Sulistyawan, AP.MSi menjelaskan, pelaksanaan Pilkades di 7 titik wilayah Kecamatan Dampit berjalan aman, tertib dan kondusif.

Terang alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) sekaligus camat teladan tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2017 ini, sukses Pilkades yang berlangsung serentak di 268 desa saat ini, tanpa lepas dari kedewasaan tingkat pemahaman masyarakat, sehingga tercipta kondisi yang kondusif. Selain itu juga,peran aparat keamanan,kesiapan panitia dan pemerintah desa.

“Tentunya,ini pesta demokrasi,saat masyarakat sudah bisa memaknai bahwa pesta demokrasi ini suatu yang sangat menyenangkan pada prosesi kepemimpinan di tingkat desa yang dilakukan setiap lima tahun sekali. Kami berharap,seusai Pilkades ini, masyarakat tetap hidup rukun, mempunyai persatuan yang kondusif yang harapannya kedepan desa dan kecamatan akan bisa lebih baik, ” urai Bagus. (Sur/oso)

 

Trending