Connect with us

Kabupaten Malang

Heboh, Pilkades Wirotaman Ampelgading Hanya Selisih 2 Suara

Diterbitkan

||

Pelaksanaan Pilkades Wirotaman Ampelgading. (Istimewa)

Dua Cakades Berdamai Setelah Dihitung Ulang

Memontum Malang – Pilkades serentak gelombang III di 269 desa Kabupaten Malang, Minggu(30/6/2019)
Kemarin lalu, ternyata diwarnai suatu keunikan yang sangat luar biasa dan mungkin itu baru terjadi di Kabupaten Malang.

Seperti yang terjadi di Desa Wirotaman Kecamatan Ampelgading. Dalam perhelatan jabatan orang nomor satu di Desa dekat wilayah perbatasan Kabupaten Lumajang ini, diikuti dua Cakades, masing-masing H Ahmad Sholeh Cakades petahana dan Sugeng, mantan Kades Wirotaman 2 periode sebelumnya.

Satu hal yang sempat mengundang kericuhan warga, terkait perolehan suara dua Cakades itu ternyata hampir sama. Sholeh yang duduk di nomor urut satu, berhasil kantongi sebanyak 1224 suara. Selanjutnya Sugeng, Cakades dengan nomor urut dua kantongi sebanyak 1223 suara.

Kondisi Pilkades di desa yang terdiri dari 3099 DPT ini sempat gaduh. Satu sama lain saling hujat, protes dan intrupsi sering terdengar ditengah penghitungan suara.

Hal itu seperti disampaikan Refan Efendi SAg MAg, salah seorang anggota BPD Wirotaman, Selasa (2/7/2019) siang tadi.

Refan menjelaskan, dengan perolehan suara yang hampir draw itu, selanjutnya dilakukan perhitungan ulang. Tambah Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Sumawe ini,suasana sempat memanas,karena perhitungan kotak pertama terdapat perbedaan.

Tetapi, tambah sosok yang akrab disapa ustadz ini, setelah penghitungan berlanjut, ternyata ditemukan satu suara untuk calon nomor urut 2. Akhirnya, jumlah perolehan dinyatakan sama yaitu 1224 suara atau draw.

“Dalam perhitungan kotak ke empat atau terakhir, calon nomor satu bertambah 2 suara.Tetapi sebaliknya, punya calon nomor dua justru kurang 2 suara. Jadi, jumlah terakhir perolehan calon nomer urut 1 sebanyak 1225 suara. Sementara, perolehan untuk calon nomor urut 2 sebanyak 1223 suara, ” ujar Refan membeberkan.

Dengan prosesi perhitungan suara yang berakhir hingga pukul 00. 00 itu, akhirnya ditetapkan, sebagai Cakades terpilih Wirotaman masa bhakti 2019-2025 ke depan adalah H.Ahmad Sholeh dengan perolehan sebanyak 1225 suara.

“Alhamdulilah, ternyata suasana justru berubah hening. Semua pendukung kedua calon mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang memancing situasi yang tidak kondusif, “ujar Repan mengakhiri wawancara. (Sur/oso)

 

Advertisement
2 Komentar

1 Komentar

  1. Pingback: Soal Wirotaman, Pemkab Malang Masih Pelajari Keberatan Warga

  2. Pingback: Gara-Gara Ditemukan Coblosan Lebar, Pilkades Wirotaman Ampelgading Digugat

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending