Connect with us

Kabupaten Malang

3 Cakades Ringinsari Sumawe Sampaikan Visi Misi

Diterbitkan

||

RUKUN : Tiga Cakades Ringinsari, Pujiono, Slamet Winari dan Muhammad Nur. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

Peserta Harus Siap Kalah dan Menang

Memontum Malang – Lima hari menjelang hari pencoblosan, Panitia Pemilihan Kepala Desa Ringinsari Kecamatan Sumbermanjingwetan (Sumawe) Kabupaten Malang menggelar tahapan penyampaian visi misi dan program kerja bagi Calon Kepala Desa (Cakades) Ringinsari Selasa (25/6/2019) kemarin.

Acara yang berlangsung di balai Desa Ringinsari tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Sumawe, BPD, LPMD, tokoh masyarakat dan ratusan warga.

CAMAT : Agus Harianto SSos MAP Camat Sumawe. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

CAMAT : Agus Harianto SSos MAP Camat Sumawe. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

Pjs Kades Ringinsari, Anton Margono berharap, pelaksanaan Pilkades Ringinsari aman dan kondusif.

“Setiap peserta harus punya pemahaman sama,siap kalah dan menang. Pilihan boleh beda,tetapi untuk kerukunan dan kebersamaan harus tetap terjaga, ” terang Anton ditemui sebelum berlangsungnya acara Selasa (25/6/2019) siang.

Anton juga menghimbau, paska Pikades nanti, warga Ringinsari kembali menjalankan masing-masing aktifitasnya, hidup rukun tanpa terjadi gesekan antara pendukung Cakades satu sama lain.

Di tempat yang sama, Sunardiono Ketua Panitia Pilkades Ringinsari juga berharap, pelaksanaan Pilkades Ringinsari menjadi yang terbaik, sehingga layak dicontoh desa lain.

 UNDANGAN : Para undangan. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

UNDANGAN : Para undangan. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

Mantan Kasi Trantib Kantor Kecamatan Sumawe ini juga menyampaikan tata tertib pelaksanaan kampanye atau penyampaian visi misi.

“Sesuai aturan Bupati Malang nomor 21 tahun 2018 tentang Pilkades dan Peraturan Bupati nomor 5 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Bupati nomor 21 tahun 2018 tentang Pilkades. Agar penyampaian visi misi ini dilakukan dengan jujur, terbuka serta bertanggung jawab. Maka perlu diciptakan suasana kondusif, aman, tentram, tertib dan terkendali serta terhindar dari hal-hal yang bersifat perpecahan, ” urai Sunardiono.

Selain mengedepankan slogan” Ayo Kita Sukseskan Pilkades Ringinsari Ciptakan Suasana Kebersamaan Tertib dan Aman. Kalau Bukan Kita Siapa Lagi”, Sunardiono juga membacakan satu diantara 6 item Tata tertib, seperti, kampanye bersifat monologis yaitu penyampaian visi misi dan program kerja Cakades Ringinsari berupa pidato dengan ketentuan waktu selama 20 menit.

Sementara, Camat Sumawe Agus Harianto SSos M AP menjelaskan, untuk Pilkades di wilayah Kecamatan Sumawe yang berlangsung serentak Minggu (30/6/2019) mendatang akan berlangsung di 7 desa. Seperti, Ringinsari, Druju, Harjokuncaran, Sekarbanyu, Argotirto, Tambakasri dan Sidoasri dengan 24 Cakades.

Lanjut Agus, visi misi ini bagian dari kampanye yaitu menawarkan program kepada masyarakat. Kami berharap, secara umum aman dan kondusif,dari awal hingga akhir dan terpilih seorang Kepala yang dikehendaki masyarakat dan yang bisa membawa masing-masing desa kedepan lebih baik.

Dari pantauan langsung Memontum.Com dilokasi acara, penyampaian visi misi pertama disampaikan oleh Cakades sesuai nomor urut. Seperti halnya Pujiono, Cakades nomor urut 1 dalam visinya yakni pemerataan pembangunan serta Transparasi anggaran di Desa Ringinsari.

Artinya adalah meratakan pembangunan baik itu jalan ataupun sarana dan prasarana yang diperlukan di setiap RT atau Rw sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh Pemerintah desa.

Lepas dari itu, Pujiono juga menyampaikan diantara misi mereka kedepan, seperti, meningkatkan prasarana dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan daerah mulai dari fase perencanaan, implementasi, pertanggungjawaban dan evaluasi.

Penyampaian visi berikutnya disampaikan oleh Slamet Winari, Cakades nomor urut 2 yakni terbangunnya tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih guna mewujudkan Desa Ringinsari yang adil, makmur, sejahtera dan Bermartabat.

Selanjutnya,Winari juga menyampaikan tiga dari beberapa misi kedepan seperti, meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Menciptakan pemerintahan desa yang cepat tanggap terhadap keadaan dan aspirasi masyarakat dengan terjun langsung melihat kondisi masyarakat di seluruh wilayah Desa Ringinsari.

Dengan mengusung motto, Ringinsari Beriman (Bersih Indah dan Nyaman) menuju Ringinsari Yang Baru, pihaknya juga akan kedepankan program kerja yakni dalam bidang pemerintahan Desa mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Penyampaian visi misi terakhir disampaikan Cakades dengan nomor urut 3 yaitu Muhammad Nur. Dengan visi, Gotong Royong membangun desa Ringinsari yang Berwibawa maju, adil, sejahtera, berbudaya dan berahlak mulia.

Selain menggenggam motto, Tashoroful Imam Alla roiyah manudhu bilmaslhad” Kebijakan Pemimpin Atas Rakyatnya Dilakukan Berdasarkan Atas kemaslahatan”.

Ada sebagian misi yang dia sampaikan seperti, mewujudkan pemerintah desa yang adil dan berwibawa dengan pengambilan keputusan demi kemudahan masyarakat.

Mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam pengambilan kebijakan pemerintah Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat. (sur/oso)

 

Trending