Connect with us

Kabupaten Malang

Jufri Cakades Sumberkerto Pagak

Diterbitkan

||

CAKADES : Jufri Cakades Sumberkerto Kecamatan Pagak. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Siap Jadi Pengayom Masyarakat Desa

Memontum Malang – Salah satu visi misi yang dipaparkan Jufri salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) Sumberkerto Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, jika pihaknya terpilih jadi Kepala Desa untuk masa bakti 2019-2025 ke depan yakni ingin mengayomi masyarakat Desa Sumberkerto.

Tak hanya itu,alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ganjaran Gondanglegi ini,juga siap melayani kebutuhan masyarakat baik secara umum maupun pribadi.

Hal yang tak kalah penting, transparasi dalam hal anggaran,baik ADD/DD dari Pemerintah. Satu lagi yang menjadi program unggulan Cakades muda nomor urut 1 di desa yang terdiri dari tiga pedukuhan dan 3500 DPT ini, pihaknya siap membuat gedung untuk kegiatan Karang Taruna.

“Peran Karang Taruna sangat penting demi berkembang pesatnya Desa Sumberkerto kedepan, ” terang Jufri Selasa (25/6/2019) siang tadi.

Juga dijelaskan Jufri, untuk pelaksanaan Pilkades Sumberkerto yang berlangsung serentak Minggu (30/6/2019) lusa, kini sudah melalui beberapa tahapan. Salah satunya penyampaian visi misi dan berlanjut kampanye.

Sekilas tentang Desa Sumberkerto,adalah adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang dengan luas wilayah 1.092.500 Ha. Jumlah penduduk 4.446 jiwa dengan kepadatan 1.215 jiwa/km².

Secara geografis Desa Sumberkerto adalah berupa Pegunungan yaitu sekitar 470 m di atas permukaan air laut. Adapun secara administratif, Desa Sumberkerto terletak di wilayah Kecamatan Pagak dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga.

Disebelah Utara berbatasan dengan Desa Pagak,sebelah barat berbatasan dengan Desa Sempol, selatan berbatasan dengan Desa Pandanrejo dan di sisi timur berbatasan dengan Desa Pringgondani Kecamatan Bantur.

Untuk jarak tempuh Desa Sumberkerto ke ibu kota kecamatan adalah 6 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 60 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 54 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 6 jam.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Sumberkarto, Sugiyanto (90) menjelaskan sebagai Kades pertama Desa Sumberkerto sebelum tahun 1942,yaitu Karji. Selanjutnya dijabat oleh H Sidik dalam kurun waktu selama hampir 30 tahun.

Kades berikutnya yaitu H Ikhsan berlanjut Hansori, Doi dan H Hosen tercatat sebagai Kades ke-7.

“Jika Jufri ini dikendaki Alloh menjadi Kepala Desa ke-7 Desa Sumberkerto,semuga menjadi pemimpin yang amanah,menjadi pengayom warga Desa Sumberkerto yang selama ini berharap adanya perubahan, ” ungkap Sugiyanto dengan bahasa Madura yang dia bisa. (Sur/oso)

 

Trending