Connect with us

Jember

9 Desa 2 Kecamatan di Jember Selatan, Selesaikan Tahapan Awal Pilkades

Diterbitkan

||

KOMPLIT : Pembentukan Panitia Pilkades di Desa Kepanjen Jember. (rir)

Jember, Memontum – Tahun 2019 bulan September, sebanyak 161 Desa di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Jember, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Tentunya ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan, seperti halnya di Dua Kecamatan di kabupaten Jember bagian selatan, antara lain Kecamatan Jombang dan Gumukmas telah melakukan tahapan awal dari jadwal kegiatan Pilkades yakni Pembentukan Panitia Pilkades.

Diketahui sesuai Jadwal yang telah tentukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (Dispemasdes) Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala desa dimulai pada tanggal 18 hingga 20 Juni 2019.

Menurut Bastomi Sekretaris Kecamatan Jombang bahwasannya desa diwilayah Kecamatan Jombang yang akan melaksanakan Pilkades tahun 2019 ada 4 Desa yakni Desa Keting, Jombang, Ngampelrejo dan Wringinagung tahapan Pilkades.

“Dari itu keempat desa sekarang melaksanakan tahapan awal dari beberapa tahapan Pilkades,” Kata Bastomi saat dikonfirmasi Memontum.com di kantornya.

Bastomi mengatakan dalam pembentukan panitia Pilkades terlebih dulu harus diawali dengan pembentukan tim 9 oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terdiri dari unsur perangkat desa, tokoh masyarakat dan kelembagaan Desa

“Tim 9 ini yang akan membentuk panitia Pilkades di Desa yang akan melaksanakan pemungutan suara tersebut,” tambahnya.

Dari seluruh kepanitiaan yang terlibat, kata Bastomi, di harapkan netral dan hal tersebut agar pelaksanaan Pilkades ini bisa berlangsung tertib aman lancar dan sukses.

“Saya yakin untuk kecamatan Jombang Pilkades akan berlangsung dengan sukses karena dukungan semua pihak termasuk jajaran muspika dari tokoh masyarakat dan masyarakat,” terang Bastomi.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Camat Gumukmas Imam Sudarmaji,bahwa untuk pembentukan Panitia Pilkades di wilayahnya ada 5 Desa yang akan menggelar pemungutan suara Pilkades yang saat ini telah terbentuk Kepanitiaan Pilkades,

“Sebanyak 5 Desa antara lain Desa Bagorejo, Kepanjen, Menampu, Tembokrejo dan Desa Purwoasri, dengan terbentuknya Panitia ini, diharapkan Pilkades bisa berjalan aman, lancar, tertib dan sukses,” harap Imam.

Sementara ketua Panitia Pilkades terpilih Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Miskat Widodo menyampaikan, jika pihaknya dalam melaksanakan tahapan Pilkades kedepan akan mengerjakan sesuai jadwal dan tahapan-tahapan yang ada.

“Terkait keamanan kami tetep koordinasi dengan Muspika terutama pihak keamanan dari kepolisian,Koramil dan satpol PP, sedangkan terkait Administrasi kami juga akan bekerjasama dengan pihak Muspika,” ungkap Miskat.

Miskat juga menghimbau kepada masyarakat Desa Kepanjen, agar mentaati peraturan yang telah ditentukan dan untuk para pendukung di harapkan agar jangan menjelekkan calon lain sehingga tidak merugikan antar kedua Kandidat.

Adapun hari pemungutan suara Pilkades di Kabupaten Jember sambung Miskat terbagi di masing-masing desa per wilayah.

“Ada empat gelombang pemungutan suara, yakni dilakukan pada 5 September, 12 September, 19 September, dan 26 September,” Sambung Miskat mengakhiri wawancara. (rir/yud/oso)

 

Trending