Connect with us

Kabupaten Malang

Sitiarjo Sumawe Diusulkan Jadi Desa Wisata

Diterbitkan

||

KADES : Mamik Misniwati Kades SITIARJO

Memontum Malang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus mendorong pendapatan ekonomi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan meningkatkan sektor desa wisata.

Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM mengatakan,saat ini pengembangan sektor pariwisata tersebut sudah mulai bergulir, salah satu wilayah yang menjadi percontohan adalah Desa Wisata Pujon Kidul dengan wisata edukatifnya.

PANTAI : Teluk Asmara salah satu obyek wisata Desa SITIARJO. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

PANTAI : Teluk Asmara salah satu obyek wisata Desa SITIARJO. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

“Seperti di Pujon, tanah kas desa yang selama ini ditanami padi hanya menghasilkan Rp50 juta, sekarang bisa Rp5 miliar,” kata Sanusi beberapa waktu lalu.

Setelah sukses di Desa Pujon,Pemkab Malang juga mengusulkan tiga desa di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) untuk menjadi desa wisata.Seperti halnya desa Sitiarjo,Tambakrejo dan Sidoasri.

Kepala Desa Sitiarjo Mamik Misniwati mengatakan,alasan desa berpenduduk sekitar 7000 jiwa ini diusukan jadi desa wisata karena banyaknya potensi yang perlu digali.

“Ada 4 titik wisata yang layak digali,seperti kawasan Tugu,Goa emas untuk susur sungai, Rowo Indah/Rowo Teratai untuk kolam pemancingan dan kolam renang dan Gunung Salib/Gunung Tumo dan beberapa tempat lain yang saat ini masih dalam tahap penelitian, ” papar Mamik Senin (17/6/2019) siang tadi.

Sementara itu, tambah Mamik, untuk wisata yang ada di Sitiarjo saat ini yaitu,Goa Cina,Teluk Asmara dan Watu Letter.Sayangnya,Mamek belum bisa menjelaskan mengenai pembagian hasil pendapatan dari Perhutani. Karena,selain mereka belum duduk bersama,isteri Bartolo Meo Diaz mantan Kades Sitiarjo ini masih baru menjabat Kades masa bakti 2018-2024 mendatang.

“Dengan dijadikan Sitiarjo sebagai desa wisata nanti,kami berharap ekonomi masyarakat bisa meningkat serta mengurangi angka pengangguran,” pungkas Mamik. (sur/oso)

 

 

Trending