Connect with us

Kabupaten Malang

Warga Desa Gondanglegi Keramatkan Makam Mbah Sogol, Begini Alasannya…

Diterbitkan

||

H Nawawi Kaur Kesra Desa Gondanglegi Wetan

Memontum Malang – Nama Mbah Sogol bukan hal yang asing bagi masyarakat Gondanglegi Kabupaten Malang. Nama Sogol diakui sebagai sosok bedah karawang Desa Gondanglegi.

Khususnya, warga Desa Gondanglegi Wetan, legenda mbah Sogol mengalir, menjadi ceritera rakyat. Konon, kala itu di bilangan pasar Gondanglegi, tumbuh sebuah pohon gondang yang buahnya pahit. Namun, menurut Mbah Sogol buah gondang itu rasanya legi (manis), dari cerita bahwa buah gondang menurut mbah sogol yang legi (manis) ini dipakai sebagai nama Gondanglegi.

Makam Mbah Sogol di Dusun Krajan Gondanglegi Wetan. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Makam Mbah Sogol di Dusun Krajan Gondanglegi Wetan. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

H Nawawi Kaur Kesra Desa Gondanglegi Wetan menjelaskan, kini makam mbah Sogol terletak di RT01/RW01 Dusun Krajan.

Dari keterangan Abah Nawawi, Setelah Mbah Sogol wafat,yang semula letak makamnya berada lokasi pasar Gondanglegi. Pada tahun 1965 pasar Gondanglegi mengalami kebakaran, yang meluluh lantahkan seluruh bangunan pertokoan. Dalam kebakaran dasyat itu, bangun makam Mbah Sogol tetap utuh.

K kemudian pada tahun 1972 terjadi kebaran Pasar Gondanglegi yang kedua, lagi-lagi bangunan makam Mbah Sogol tetap utuh tidak ikut terbakar api, proses pembangunan kembali Pasar Gondanglegi baru dilaksanakan pada tahun 1974, pada saat berjalannya proses pembagunan kembali Pasar Gondanglegi timbul suatu pemikiran dari panitia pembangunan beserta tokoh masyarakat Gondanglegi untuk memindah Makam Mbah Sogol dari lokasi pembangunan pasar.

Melalui proses yang cukup panjang akhirnya ada kesepakatan untuk memindahkan makam Mbah Sogol yang dilakukan pada hari Jum’at legi tahun 1974 ke pemakaman umum Desa Gondanglegi Wetan.

Masyarakat Gondanglegi mempunyai imet kuat bahwa Mbah Sogol merupakan tokoh legendaries juga diyakini bahwa Mbah Sogol juga merupakan tokoh yang agamis sehingga sepeninggalan beliau makam Mbah Sogol sering diziarahi warga Gondanglegi dan sekitarnya bahkan dari manca daerah untuk mendo’akan arwah beliau. (sur/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending