Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Harga Jeruk Murah, Petani Paksa Panen

  • Kamis, 16 November 2017 | 16:37
  • / 26 Safar 1439
  • Dibaca : 14 kali
Harga Jeruk Murah, Petani Paksa Panen
Kebun jeruk milik Gito warga Semboro, Jember

Memontum JemberMusim panen jeruk di kawasan Semboro di sisi lain warga masyarakat gembira disisi lain menjerit. Pasalnya, nilai harga pasar sedang tidak berpihak pada jeruk yang sudah terkenal seantero negeri kemanisannya.

 

Gito  salah satu warga kecamatan semboro yang sudah lama mengeluti dan mengembangkan jeruk semboro tersebut mengaku sangat khawatir jika harga akan terus anjlok bisa dipastikan petani lain juga merasakan dampak buruk.

 

Harga di tingkat petani sekarang cuma harga 2500-3000 rupiah perkilo,  dan ini sudah terjadi pada bulan 10 kemarin hingga saat ini. Padahal tahun yang lalu pada bulan 10 hingga 12 harga jeruk sendiri bisa dipastikan meroket hingga 8000-12 ribu perkilo.

 

Menurut saya pribadi ini kemungkinan besar harga hancur karena ada buah lain seperti semangka dan jambu juga duren yang berbuah bersama dan panen raya. Kalau dulu memang jeruk ssmboro mendominasi harga pasar di tingkat buah yang banyak peminat dan pangsa pasar.

 

Dirinya berharap untuk pemerintah memperhatikan nasib petani jeruk semboro untuk memberikan formulasi dan terobosan baru jika terjadi hal seperti ini, harga anjlok kasihan petani bisa bisa gulung tikar dan membabat tanaman produktif dengan nilai ekonomis tinggi tersebut ucapnya Kamis (16/11/2017) pagi kemarin. (lum/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional