Kabar Desa

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Masyarakat Gucialit Lumajang Jaga Tradisi Leluhur dengan Ruwatan Desa

  • Rabu, 3 April 2019 | 13:35
  • / 27 Rajab 1440
Masyarakat Gucialit Lumajang Jaga Tradisi Leluhur dengan Ruwatan Desa

Memontum Lumajang – Ruwatan Desa adalah Sebuah tradisi yang terus dijaga oleh masyarakat, Karena merupakan warisan leluhur. Ruwatan Desa sebagai sarana meminta keselamatan dan keberkahan, seperti yang dilakukan Masyarakat Gucialit Lumajang.

Dalam kegiatan Ruwatan Desa yang dilaksanakan selama dua hari di Balai Desa Gucialit. Digelar beberapa acara. Diantaranya diisi dengan kegiatan Istigotsah dan Sholawat Bersama. Kemudian kesenian tradisional seperti reog, ujung, dan wayang kulit.

“Ruwatan desa ini bertujuan agar desa terhalang dari bala musibah, menjadikan desa ini lebih baik lagi, dan Desa Gucialit ini menjadi desa yang makmur, sejahtera, masyarakatnya guyub rukun,” jelas Fitri Arista Dewi, salah satu Panitia Ruwatan Desa Gucialit. Senin(1/4/2019).

Fitri menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan setiap tahun sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen di desanya. Hal ini perlu dilestarikan turun temurun oleh masyarakat desa agar tradisi leluhur tidak punah.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutinan setiap tahun, kegiatan ini berawal dari tradisi di Dusun Sidomulyo, dari dusun tersebut kita kembangkan, lebih di meriahkan lagi di Desa Gucialit,” terangnya. (adi/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional