Kabar Desa

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Pembangunan JLS Kabupaten Malang Diperluas

  • Senin, 13 November 2017 | 09:03
  • / 23 Safar 1439
  • Dibaca : 7 kali
Pembangunan JLS Kabupaten Malang Diperluas
Diperluas: Pembangunan JLS di Kabupaten Malang Diperluas(Sur)

Memontum Malang—-Guna mempermudah transportasi antar wilayah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi daerah dan masyarakat di Indonesia Pemerintah Pusat terus berupaya menyelesaikan serta memperluas pembangunan infrastruktur Jalan Lingkar Selatan (JLS) di kawasan sisi timur seperti di kawasan Pantai Lenggeksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, yang jalan tersebut nantinya menghubungkan Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan hingga tembus ke Kabupaten Lumajang.

 

Ir Romdhoni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten MalangMl mengatakan, bahwa sekarang ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sedang melakukan pembahasan terkait rencana memperluas pembangunan JLS di wilayah pesisir Pantai Malang Selatan dengan Pemerintah Pusat.

 

“Sekarang ini dalam proses pengkajian untuk dilakukan Fasibility Study (FS) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), selain itu kami juga ikut mendampingi tahapan pengkajian ulang rencana proyek jalan tembus disisi timur tersebut,” jelas Romdhoni.

 

Disebutkan bahwa rencana pembangunan jalan tembus di kawasan Pantai Lenggoksono akan tembus ke Pantai Sendangbiru yang panjangnya mencapai 35 kilometer, selain itu juga akan tembus ke beberapa daerah di Jawa Timur (Jatim).

 

“Jika pembangunan jalan ini selesai, maka jalan tersebut akan menghubungkan tiga kabupaten yakni Malang, Lumajang, dan Blitar,” ungkapnya. Sedang saat ini, lanjut Romdhoni, Pembangunan JLS nantinya akan menghubungkan daerah-daerah yang berada di pesisir Pantai Selatan, bahkan JLS tersebut juga akan menghubungkan wilayah Jawa Tengah (Jateng).

 

Menurutnya, jika JLS yang di wilayah Kabupaten Malang selesai, tentunya dampak yang dirasakan jalan tersebut yakni tidak hanya akan meningkatkan bidang pariwisata saja, namun yang paling utama adalah masyarakat yang berada di sekitar JLS. Karena dengan banyaknya wisatawan datang ke Kabupaten Malang, yang jelas akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

“Sebab, potensi pariwisata di Kabupaten Malang ini banyak pilihan, terutama wisata pantai,” jelasnya.

 

Juga dikatakan, sebagai upaya peningkatan akses jalan menuju wisata pantai di wilayah Malang Selatan, Pemkab Malang sudah mengajukan ke Pemerintah Pusat terkait peningkatan status jalan yang menuju Pantai Sendangbiru, dari Desa Talok, Kecamatan Turen hingga ke Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, yang sebelumnya sebagai jalan provinsi naik menjadi jalan nasional.

 

Dalam kesempatan itu, Romdhoni menambahkan, selain pembangunan JLS sebagai penghubung antar kabupaten, Pemkab Malang kini juga membangun jembatan di wilayah Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, yakni untuk mempermudah akses jalan menuju Pantai Balekambang.

 

Karena jalan yang dilalui warga dan wisatawan sekarang rawan terjadinya kecelakaan, hal tersebut disebabkan jalannya menanjak dan memiliki tikungan yang sangat tajam. “Dan agar tidak memakan banyak korban, maka Pemkab Malang membangun jembatan untuk memotong jalan sebelumnya,” pungkasnya (sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional