Connect with us

Bondowoso

Berharap Hasil Pertanian Melimpah

Diterbitkan

||

Berharap Hasil Pertanian Melimpah

Memontum Situbondo – Persawahan di beberapa tempat di Kecamatan Panarukan, tampak hijau. Padi-padi tumbuh subur dan segar. Di sejumlah persawahan tersebut, terlihat sudah padi mengeluarkan buah. Sekitar sebulan ke depan, sepertinya panen.

Iya, tanaman padi petani lumayan melegakan tahun ini. Seperti di Desa Paowan, Kecamatan Panarukan. Petani yang sempat diwawancarai Wartawan Memontum.com, padi mereka tumbuh bagus. Jika kondisi ini bertahan hingga masa panen nanti, hasil pertanian akan melimpah ruah.

Sahramo,56, salah satu petani mengatakan, hujan yang mengguyur wilayah Situbondo beberapa hari ini, membuat padi menghijau. Sawah-sawah yang kering dua pekan lalu, sudah berair semua. “Semoga saja bagus sampai panen,” harap pria asal Desa Paowan, Kecamatan Panarukan itu.

Dia menerangkan, cuaca yang bagus bukan jaminan padi menguning dengan bagus. Sebab, di musim penghujan, rawan terjangkit hama. Makanya, tetap membutuhkan perawatan ekstra. “Justru, musim penghujan harus selalu dipantau setiap hari,” kata Sahramo.

Dia mengaku, selama ini, di sekitar persawahannya, belum ada tanda-tanda diserang hama. Masih aman. Tidak ada penyakit yang membahayakan. Sahramo berharap, kondisi demikian juga tetap bertahan.

Kata dia, hasil panen yang bagus harapan semua petani. Biaya yang dikeluarkan selama masa tanam cukup besar. Makanya, wajar jika tidak menginginkan gagal panen. “Biaya yang habis jutaan rupiah,” ujarnya.

Hal lain yang diharapkan petani, harga gabah tetap stabil. Sahramo menerangkan, percuma saja panen bagus, tetapi harga anjlok. “Kami ingin ada kepekaan dari pemerintah, agar ada upaya mempertahankan harga setelah panen nanti,” pungkas Sahramo. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending