Connect with us

Sidoarjo

DAPM Wijaya Mandiri Tarik Salurkan Dana Hampir Rp 1 M

Diterbitkan

||

DAPM Wijaya Mandiri Tarik Salurkan Dana Hampir Rp 1 M

Sidoarjo, Memontum – Dana bergulir PNPM yang digelontorkan di wilayah Kecamatan Tarik pada tahun 2007 dan kini menjadi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat ( DAMP) Wijaya Mandiri Tarik , memberi manfaat yang besar bagi warga. Dana tersebut dimanfaatkan sebagai modal usaha dengan sistim pinjaman dan pembentuk bidang usaha oleh pengurus Unit Pelaksana Kegiatan (UPK ).

Dari surplus usaha setiap tahun disisihkan untuk membiayai kegiatan sosial di masyarakat. Disampaikan oleh ketua UPK Samsul Arifin, jika dari surplus usaha yang dijalankan sebagian digunakan untuk kegiatan sosial diantaranya, bea siswa, pemasangan listrik bagi warga tidak mampu, sunatan masal, bantuan anak yatim dan bantuan usaha warga tidak mampu.

Dari tahun 2008 sampai sekarang anggaran untuk kegiatan sosial yang sudah disalurkan total sebesar Rp 984 juta rupiah. ” Dari awal sejak usah berkembang dan ada surplus dana sosial yang kita salurkan hampir Rp 1 M , dan untuk tahun 2018 anggaran itu sebesar 110 juta rupiah. Serta untuk meningkatkan wawasan dan memotifasi usaha para pengurus dan anggota kita ajak study banding ke lembaga yang sama dengan usahanya yang berhasil,” tambahnya.

Sementara Camat Tarik, Iswadi dalam sambutan di Musyawara Antar Desa saat itu, memberikan apresiasi keberhasilan DAPM Wijaya Mandiri Tarik, yang banyak membantu warga menjalankan usahanya lebih lebih program P4 yang menjadi bidang yang akan lebih diperhatikan.

Diantaranya pertanian. ” 70% warga Tarik adalah petani aktif, saya sangat berharap mereka lebih terfasilitasi, sehingga kesejahteraannya dapat sejajar dengan yang menekuni bidang usaha lain,” harapnya. (par/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending