Connect with us

Bondowoso

Botolinggo Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2020

Diterbitkan

||

Botolinggo Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2020

Memontum Bondowoso – Desa Botolinggo Kecamatan Botolinggo Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2020. Kegiatan Musrenbang bertempat di Balai Desa Botolinggo dengan dihadiri oleh Camat Botolinggo beserta Staf, Kapospol Botolinggo, Jajaran Dinas terkait, Kepala Desa beserta Jajaran Perangkat Desa, Pendamping Desa, PKK, BPD, Ketua Bumdes, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. (Senin, 21/1/2019).

Kepala Desa Botolinggo dalam sambutannya mengatakan bahwa, Musrenbang merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan desa agar efektif dan efisien.

” Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa “, ujar Santoso.

Lebih lanjut Santoso mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa, Tegas Kades Botolinggo.

Lebih lanjut Santoso menyampaikan arahan Bupati dan Wakil Bupati, bahwa Pemerintah Desa untuk merencakan dan merealisasikan program Pengentasan Kemiskinan melalui anggaran Dana Desa.

Laman: 1 2

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending