Connect with us

Situbondo

Antisipasi Banjir, Kades Sumber Anyar Gelar Kerja Bakti Bersama Warga

Diterbitkan

||

Antisipasi Banjir, Kades Sumber Anyar Gelar Kerja Bakti Bersama Warga

Memontum Situbondo – Kepala Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo bersama warga bergotong-royong membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS ) yang melintasi wilayah Dusun Timur Sawah I Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Kamis (17/1/2019).

Pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir.

Kepada Desa Sumber Anyar, Suhardi mengatakan pembersihan aliran sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan, sehingga dilaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah.

“Gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Dusun Timur Sawah I Desa Sumber Anyar agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai. Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan membanjiri rumah warga”. Jelasnya.

Suhardi menambahkan, dibutuhkan kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjaga kebersihan aliran sungai dari hulu hingga ke hilir agar aliran sungai lancar tanpa kendala. Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi musim penghujan. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat tidak ingin mengalami bencana banjir yang tentunya merugikan. Dengan menjaga kelestarian alam dan lingkungan, sehingga kita berupaya pencegahan dari bahaya bencana alam.

“Setidaknya bisa mengurangi terjadinya banjir. Kita harapkan juga kesadaran semua pihak untuk menjaga lingkungannya. Saya juga menghimbau kepada warga yang tinggal di sekitar saluran air untuk tidak membuang sampah ke saluran air tapi ke tempat pembuangan sampah yang telah ada”. Imbuhnya.

Menurut pantauan Memontum.com, kerja bakti ini akan dilakukan seminggu sekali, karena di wilayah ini sangat rawan bajir yang datang dengan tiba-tiba. Saluran air dibersihkan agar air lancar dan memubuat tanggul untuk mencegah datangnya banjir. (yud/yan)

Trending