Kabar Desa

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

PImpro Drainase Desa Gamping Datangkan Excavator

  • Minggu, 16 Desember 2018 | 21:53
  • / 7 Rabiul Akhir 1440
PImpro Drainase Desa Gamping Datangkan  Excavator
Pemasangan box culvert drainase di Desa Gamping Kecamatan Krian. (par)

Memontum Sidoarjo – Meningkatkan efektifitas pengerjakan proyek drainase, Pemdes Gamping Kecamatan Krian memanfaatkan excavator . Pasalnya drainase yang dibangun tepat dipinggir badan jalan aspal itu dipenguhi batu dan kerikil sehingga bila tanah digali secara manual akan mengalami kesulitan.

Tikno pimpinan proyek drainase Desa Gamping mengatakan menggunakan excavator untuk menggali tanah. Hal itu di lakukan agar lebih efektif karena tanahnya berbatu. D engan menggunakan excavator yang pastinya lebih cepat dari pada manual. Selanjutnya pemasangan juga diangkat dengan alat itu yang disempurnakan pemasangannya dengan tenaga biasa dari warga sendiri.

“ Agar APBDes dapat terserap, kegiatan kami kebut. Proyek ini dibiayai anggaran dari pusat ( Dana Desa ). Kami tetap memberdayakan warga, adapun alat berat bego adalah pendukungnya agar lebih cepat karena kondisi galiannya sulit, dan drainase menggunakan box culvert yang juga bebannya berat, sehingga butuh alat untuk mengangkat , ” paparnya.

Drainase yang berada di depan balaidesa , tepatnya di lingkungan RT 3 dan 4 RW 1, tersebut akan menjadi solusi genangan air di jalan dan pekarangan warga saat hujan . Air akan mengalir ke saluran pembuanga di sebelah barat kampung .

” Dibangunnya drainase ini, air hujan dijalan dan dipekarangan akan cepat terkikis . Dibelakang rumah juga ada saluran pembuangan , namun bangunan rumah sudah padat jadi air tidak bisa mengalir , ” pungkasnya. (par/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional