Connect with us

Sidoarjo

Kecamatan Wonoayu Gebyar UMKM

Diterbitkan

||

Kecamatan Wonoayu Gebyar UMKM

Memontum Sidoarjo – Gebyar UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah) Kecamatan Wonoayu didukung 23 desa se-Kecamatan Wonoayu dari hasil usaha warganya masing masing. Kegiatan ini menjadi cermin tumbuh dan berkembangnya usaha warga. Buah karya warga desa Sawocangkring berupa pakaian adat banyak mendapat perhatian pengunjung. Di dalam stand tenda ukuran 2 x 3 meter, pakaian adat dari 20 daerah di Indonesia dipajang yang diproduksi sendiri.

Hampir selama 20 tahun hasil karya yang mencerminkan budaya nusantara tersebut, melengkapi kebutuhan busana saat peringatan hari besar nasional di banyak daerah. Pakaian adat Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, Papua, dan banyak macam lain daerah.

Model dan kreasi warna tak menyimpang dari asal usulnya. ” Contoh dan bentuk masing masing sudah ada seperti aslinya, kami tinggal membuat ukuran dan modifikasi lebih menarik,” jelas Nunik, pengrajin asal Desa Sawocangkring .

Turut melengkapi hasill kerajinan blangkon ( tutup kepala adat Jawa ) dengan berbagai jenis dan warna. Keunikannya terlihat ketika seluruh Kepala Desa dan staf kecamatan mengenakan blangkon Sawocangkring itu.

Camat Wonoayu, Prati Kusdijani aktif menyemangati kegiatan UMKM ” Dengan Gebyar UMKM dan grand opening BUMDES bersama Wonoayu DAPM ( Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat ), akan menjadi motifasi bagi warga untuk menciptakan dan mengembangkan produk baru, yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian warga,” tuturnya.

Hal yang sma dikatakan Kepala Desa Sawocangkring, Sugito. Menurutnya dengan gebyar UMKM Ini sangat jelas untuk perkembangan usaha warganya i. ” Dengan tampilnya produksi pakaian adat dan blangkon dari warga Sawocangkring , kami berharap dapat dikenal lebih luas sehingga banyak pemesan, lebih lebih produk kita menanamkan cinta budaya bangsa kepada generasi muda. Dan untuk warga lain dapat terinspirasi berkarya sesuai dengan keahliannya,” pungkasnya . (par/yan)

Advertisement
1 Komentar

1 Komentar

  1. Pingback: Kecamatan Wonoayu Gebyar UMKM – PEMERINTAHAN DESA SAWOCANGKRING

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending